Pengembangan blog pembelajaran Kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep reaksi oksidasi-reduksi kelas X

Sulistiyani, Yeni (2015) Pengembangan blog pembelajaran Kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep reaksi oksidasi-reduksi kelas X. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113711017.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap sistem pendidikan dan kebutuhan peserta didik. Banyak media internet khususnya blog yang menyuguhkan berbagai materi pembelajaran, tetapi terkadang materi yang disajikan kurang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga sering membuat kesalahan informasi yang didapat oleh peserta didik. Blog pembelajaran yang dikembangkan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep reaksi oksidasi-reduksi sehingga peserta didik dapat menghubungkan materi dengan kehidupan nyata peserta didik.Penelitian ini bertujuan (1) Membuat dan mengembangkan blog pembelajaran kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep reaksi oksidasi-reduksi kelas X (2) Mengetahui kelayakan dan keefektifan blog pembelajaran kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep oksidasi-reduksi kelas X. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R n D), dengan model Reisser dan Molenda (1990-an) yaitu model ADDIE yang meliputi analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (pelaksanaan), dan evaluation (evaluasi). Blog pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kategori sangat tinggi atau sangat efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik yang meliputi kognitif sebesar 80,04%, afektif sebesar 85,8 %, psikomotorik sebesar 84%, dan tanggapan peserta didik sebesar 85,83 %, sehingga blog pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran penunjang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Blog Pembelajaran; Metode pembelajaran; Contextual Teaching And Learning (CTL); Reaksi Oksidasi-Reduksi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Additional Information: Pembimbing : Ratih Rizqi Nirwana, S. Si., M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Mar 2016 05:38
Last Modified: 28 Mar 2016 05:38
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5148

Actions (login required)

View Item View Item