Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi pokok stoikiometri kelas X di MAN 2 Semarang

Annisa, Nur Fitri (2015) Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi pokok stoikiometri kelas X di MAN 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113711031.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model think pair share (TPS) pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi yang bersifat hitungan pada mata pelajaran kimia dan kurangnya partisipasi peserta didik di dalam kelas sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS efektif diterapkan pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel diperoleh dua kelas yaitu kelas XB sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS dan kelas XD sebagai kelompok kontrol berupa pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh melalui tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,750 sedangkan kelas kontrol adalah 65,275. Uji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dua pihak. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5%, n1=40, dan n2=40 diperoleh ttabel=1,991 dan thitung=4,680. Hasil analisis menunjukkan thitung>ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS efektif diterapkan pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.; Drs. H. Achmad Hasmi Hashona, Lc., MA.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Model pembelajaran; Thin Pair Share (TPS); Stoikiometri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Mar 2016 07:35
Last Modified: 18 Mar 2016 07:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item