Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi pokok stoikiometri kelas X di MAN 2 Semarang
Annisa, Nur Fitri (2015) Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi pokok stoikiometri kelas X di MAN 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
113711031.pdf - Accepted Version
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model think pair share (TPS) pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi yang bersifat hitungan pada mata pelajaran kimia dan kurangnya partisipasi peserta didik di dalam kelas sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS efektif diterapkan pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel diperoleh dua kelas yaitu kelas XB sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS dan kelas XD sebagai kelompok kontrol berupa pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh melalui tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,750 sedangkan kelas kontrol adalah 65,275. Uji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dua pihak. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5%, n1=40, dan n2=40 diperoleh ttabel=1,991 dan thitung=4,680. Hasil analisis menunjukkan thitung>ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS efektif diterapkan pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.; Drs. H. Achmad Hasmi Hashona, Lc., MA. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Model pembelajaran; Thin Pair Share (TPS); Stoikiometri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 18 Mar 2016 07:35 |
Last Modified: | 20 May 2021 04:13 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5154 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year