Pengaruh penggunaan metode two stray two stay dan word square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia di kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun ajaran 2015/2016

Pinatih, Ageng (2015) Pengaruh penggunaan metode two stray two stay dan word square terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan buatan serta pembagian waktu di Indonesia di kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911013.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Two Stray Two Stay dan Word Square Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Waktu di Indonesia di Kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MI Manbaul Ulum yang terbagi menjadi tiga belas kelas. Sehingga sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode tes pilihan ganda digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Selain diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan metode pembelajaran two stray two stay dan word square sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam uji hipotesis penelitian menggunakan Uji t-tes. Berdasarkan perhitungan Uji t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 1,669 sedangkan ttabel= 1,668. Karena thitung>ttabel berarti rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik yang diajar menerapkan metode pembelajaran two stray two stay dan word square berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh menerapkan model pembelajaran two stray two stay dan word square terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Waktu di Indonesia kelas V MI Manbaul Ulum Tlogorejo Karangawen Demak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembagian : Dr. H. M. Nur Hasan, M. Si.; Dr. H. Raharjo, Ed. St.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2016 00:41
Last Modified: 23 Mar 2016 00:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item