Problematika pendidik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SD Islam Al-Madina Semarang

Masruroh, Masruroh (2015) Problematika pendidik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SD Islam Al-Madina Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911058.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai problematika yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi serta upaya untuk mengatasinya. Kajian ini dilatarbelakakngi oleh dinamika perubahan zaman yang semakin cepat yang dipicu oleh perkembangan teknologi informasi sehingga dibutuhkan perubahan dalam pola pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan : (1) Apa problematika pendidik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi di SD Islam Al-Madina Semarang, (2) Bagaimana upaya untuk mengatasi problematika pendidik dalam melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi informasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua datanya dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Problematika yang dialami guru yaitu : a. masalah yang berasal dari guru, yakni mayoritas guru SD Islam Al-Madina Semarang masih gagap teknologi, belum terampil dalam mengoperasikan media pembelajaran berbasis teknologi informasi, kesulitan memilih media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang cocok dengan materi pembelajaran. b. masalah dari peserta didik, yaitu berkaita dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda. c. masalah dari media pembelajaran berbasis teknologi informasi itu sendiri, yaitu alat atau media berbasis teknologi informasi masih terbatas dan masalah teknis. Jalan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah diatas antara lain ; meningkatkan kompetensi pedagogic guru melalui pelatihan, seminar, atau workshop, memberi bimbingan atau dampingan pada siswasecara berkelompok maupun individual, dan penambahan media pembelajaran dengan cara menjalin kerja sama anatara sekolah, masyarakat dan pemerintah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika pendidik; pembelajaran berbasis teknologi informasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : H. Ahmad Muthohar, M. Ag.; Syamsul Ma’arif, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 23 Mar 2016 01:00
Last Modified: 23 Mar 2016 01:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5200

Actions (login required)

View Item View Item