Pengaruh penggunaan media komik dan metode recitation terhadap prestasi belajar IPS materi “peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober dalam mempersatukan bangsa Indonesia” siswa kelas V di MI Addainuriyah Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015

Alawiyah, Fitrohtun (2015) Pengaruh penggunaan media komik dan metode recitation terhadap prestasi belajar IPS materi “peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober dalam mempersatukan bangsa Indonesia” siswa kelas V di MI Addainuriyah Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113911090.pdf - Accepted Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi peserta didik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan siswa menuju perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial. Dalam implementasinya pembelajaran yang dilaksanakan terkadang kurang maksimal. Berawal dari kurang maksimalnya guru dalam menggunakan media dan metode yang digunakan dalam mengajar, guru masih sering kali menggunakan metode konvensional secara monoton yang membuat siswa menjadi mudah bosan. Padahal dengan meninggalkan “kesan” pada siswa, siswa akan mudah untuk mengingat dan mempelajari suatu materi pembelajaran. Demikian juga halnya dengan MI Addainuriyah. Pembelajaran materi Peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober dalam Mempersatukan bangsa Indonesia masih menggunakan metode konvensional dan tidak menggunakan media. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis menulis penelitian dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Komik dan Metode Recitation Terhadap Prestasi Belajar IPS Materi Peranan Sumpah Pemuda 28 Oktober Dalam Mempersatukan Bangsa Indonesia Siswa Kelas V di MI Addainuriyah Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015”. Penelitian ini dilakukan di MI Addainuriyah dengan mengambil dua kelas secara keseluruhan, yaitu kelas V.A berjumlah 24 siswa dan kelas V.B berjumlah 28 siswa. Kelas yang penulis gunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas V.B dengan media komik dan metode recitation, dan kelas kontrol adalah kelas V.A dengan metode konvensional. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yaitu rata-rata kelompok eksperimen adalah 84,78. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok kontrol adalah 73,13, berarti selisih kedua kelas tersebut 11,65. Uji t-test Independent hasil posttest didapatkan t_hitung=3,269 dan t_tabel=1,68. Karena t_(hitung >t_tabel ) maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah media komik dan metode recitation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Addainuriyah kota Semarang, tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pemmbelajaran; Media pembelajaran; Komik; Recitation; Prestasi belajar; Sejarah untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.; H. Fakrur Rozi, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:33
Last Modified: 24 Mar 2016 08:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item