Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan strategi modeling the way pada pembelajaran Fiqih materi Adzan dan Iqamah di kelas II MI Tarbiyatul Islam Genuk Semarang semester I tahun pelajaran 2015/2016

Mufadlilah, Siti (2015) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan strategi modeling the way pada pembelajaran Fiqih materi Adzan dan Iqamah di kelas II MI Tarbiyatul Islam Genuk Semarang semester I tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911152.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada tes praktek adzan dan iqamah dari 34 siswa hanya 47.1% dari jumlah siswa yaitu 16 siswa, hal ini metode atau strategi pembelajaran yang digunakan di kelas II MI Tarbiyatul Islam Genuk Semarang masih bersifat klasik dengan mengandalkan ceramah dan tanya jawab, Satu strategi yang dilakukan adalah strategi modeling the way (membuat contoh praktek) Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan strategi modeling the way pada pembelajaran fiqih materi adzan dan iqamah di kelas II MI Tarbiyatul Islam Genuk Semarang semester I tahun pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa menggunakan strategi modeling the way pada pembelajaran fiqih materi adzan dan iqamah di kelas II MI Tarbiyatul Islam Genuk Semarang semester I tahun pelajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan strategi modeling the way pada pembelajaran fiqih materi adzan dan iqamah di kelas II MI Tarbiyatul Islam Genuk Semarang semester I tahun pelajaran 2015/2016, hal ini terlihat dari hasil belajar per siklus dimana pada pra siklus ada 8 peserta didik atau 42%, siklus I ada 13 peserta didik atau 68%, dan pada siklus II ada 15 peserta didik atau 80%., peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa per siklus dimana pada siklus I ada 12 peserta didik atau 63%, mengalami kenaikan pada siklus II yakni ada 16 peserta didik atau 84%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Medode pembelajaran; Modelling; Adzan dan iqamah; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Luthfiyah, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Mar 2016 08:45
Last Modified: 24 Mar 2016 08:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item