Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Donorojo tahun pelajaran 2014/2015

Lestari, Fitri Puji (2015) Pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Donorojo tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 113111169.pdf]
Preview
Text
113111169.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena terjadinya pendidikan pada keluarga (seperti orang tua yang mendukung pendidikan anaknya dan ada juga orang tua yang kurang mendukung pendidikan anaknya) yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat pengaruh orang tua dalam mendidik anaknya dalam hasil belajar. Ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian berdasarkan metodenya penelitian eksperimen dan pendekatan kualitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Korelasi atau hubungan (pengaruh) yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghubungkan antara pola asuh orang tua demokratis terhadap hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Donorojo Jepara dimana dalam pengambilan sampel penelitian dengan cara diacak tanpa pandang bulu.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan angket. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa serta keadaan siswa. Metode angket digunakan untuk mengetahui keadaan siswa (psikologi dan jasmani) dan cara orang tua dalam mengasuh anak-anaknya. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji statistik regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Donorojo 87,025 ini berada pada tingkat baik sekali. Sedangkan rata-rata hasil angket sebesar 62,1 yang berada pada tingkat cukup demokratis. Standar deviasi dari nilai angket pola asuh demokratis orang tua sebesar 4,45375 dan standar deviasi nilai hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Donorojo 3,87290. Dan tingkat pengaruh variable pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam berada pada tingkat yang lemah dengan angka kualitas korelasi sebesar 0,0725%. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji regresi linier sederhana diperoleh Fhitung = 2,969208589 dan Ftabel = F(1-á)(db TC, db E) dimana db TC = k-2 dan db E n-k pada taraf signifikansi α = 5% = 4,098171731 dan α 1% = 7,352545. Karena Fhitung < Ftabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% maka H0 ditolak artinya penelitian ini tidak menerima hipotesis. Penelitian ini tidak ada pengaruhnya antara pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 1 Donorojo Jepara tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ruswan, M. A.; Dr. H. Shodiq, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:49
Last Modified: 08 Apr 2016 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics