Pendidikan inklusi pada mata pelajaran matematika di SD Islam Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang

Nursanti, Stifiani Meilina (2014) Pendidikan inklusi pada mata pelajaran matematika di SD Islam Hj. Isriati Baiturrahman I Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911065.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pelaksanaan layanan pendidikan inklusi untuk anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran matematika dari mulai perencanaan, pembelajaran, penilaian, faktor pendukung dan hambatan yang dialami selama pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (a) Bagaimana pelaksanaan pendidikan Inklusi pada mata pelajaran Matematika di SD Islam Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang? (2) Apa saja faktor pendukung pelaksanaan pendidikan Inklusi pada mata pelajaran Matematika di SD Islam Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang? (3) Apa saja problem yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan Inklusi pada mata pelajaran Matematika di SD Islam Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang serta bagaimana solusinya. Permasalahan tersebut dibahas melalui dibahas melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode reduksi serta dipaparkan dalam bentuk narasi. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan inklusi adalah pendidikan yang mengakomodasi berbagai karakter siswa. Di SD islam Hj. Isriati Baiturrahman Semarang selain siswa normal, disana juga terdapat siswa berkebutuhan khusus dengan spesifikasi, slow learner, ADHD (attention deficit hyperactivity disorder), dan keterbelakangan mental (retardasi mental). Pada pelaksanaannya pendidikan inklusi masih menggunakan kurikulum yang berlaku untuk siswa normal Pelaksanaan pembelajarannya meliputi: perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP, menyediakan bahan ajar, menyiapkan lembar peniaian dan mempersiapkan setting kelas. Proses pembelajaran yang terlaksana di kelas inklusi sudah baik karena mepertimbangkan kebutuhan siswanya. Guru lebih banyak berkomunikasi dengan siswa berkebutuhan khusus supaya bisa mengarahkan siswa untuk belajar dengan baik. Dalam penilaiannya terdapat pengkhususan untuk siswa berkebutuhan khusus antara lain pada standar KKM yang direndahkan, waktu mengerjakan soal yang diberikan toleransi waktu lebih lama dan jumlah soal yang lebih sedikit dari siswa normal. (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran inklusi terdapat berbagai faktor pendukung yaitu: kreativitas guru yang mampu membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, penggunaan metode dan media belajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa, motivasi yang bisa meningkatkan semangat belajar siswa, pemberian reward and punishment, dukungan teman sekelas terhadap siswa berkebutuhan khusus, lingkungan sekolah yang hangat dan tidak mendeskriminasi, dan penggunaan buku pegangan siswa. (3) Problem yang dihadapi dalam pembelajaran matematika dikelas inklusi datang dari pihak siswa berkebutuhan khusus. Dalam setiap pelajaran sisba tidak bisa mengikuti pelajaran karena konsentrasinya tidak fokus pada pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya guru mencarikan shadow untuk mendampingi siswa berkebutuhan khusus, namun jika masih bisa diatasi maka guru menempatkan meja siswa berkebutuhan khusus tepat didepan meja guru untuk memudahkan komunikasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan inklusi, matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Ismail, Yulia Romadiastri
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:11
Last Modified: 08 Apr 2016 08:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5347

Actions (login required)

View Item View Item