Peningkatan prestasi belajar Akidah Akhlak dengan metode card sort pada materi menghindari akhlak tercela di kelas III MI Kebonharjo Tanjung Mas Semarang Utara tahun pelajaran 2014/2015

Suratmi, Sri (2015) Peningkatan prestasi belajar Akidah Akhlak dengan metode card sort pada materi menghindari akhlak tercela di kelas III MI Kebonharjo Tanjung Mas Semarang Utara tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911157.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas III MI Kebonharjo Tanjung Mas Semarang Utara masih mengandalkan ceramah, tanya jawab dan resitasi hanya menjadikan siswa pasif dalam pembelajaran dan kurang tertarik mengikuti proses pembelajaran. Pembelajaran perlu mengarah pada penciptaan proses belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu metode card sort. Metode card sort merupakan metode yang menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan lewat permainan kartu. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan metode card sort pada materi menghindari akhlak tercela semester II di kelas III MI Kebonharjo Tanjung Mas Semarang Utara Tahun Pelajaran 2014/2015?, 2) Apakah metode card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi menghindari akhlak tercela kelas III MI Kebonharjo Tanjung Mas Semarang Utara Tahun Pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada materi menghindari akhlak tercela menggunakan metode card sort di kelas III MI Kebonharjo Tanjung Mas Semarang Utara Tahun Pelajaran 2014/2015, hal ini dapat di lihat dari dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu dengan KKM 70 pada pra siklus hanya ada 9 peserta didik atau 48%, Siklus I 13 peserta didik atau 68% dan pada siklus II sudah mencapai 17 peserta didik atau 90%, hasil tersebut sudah sesuai indikator yang ditentukan yaitu nilai tes sesuai KKM 70 sebanyak 75% dari jumlah seluruh peserta didik. Demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pelaksanaan metode card sort pada materi menghindari akhlak tercela semester II di kelas III MI Kebonharjo Tanjung Mas Semarang Utara Tahun Pelajaran 2014/2015 pada kategori baik dan baik sekali juga meningkat per siklus yaitu di siklus I ada 11 peserta didik atau 58% dan pada siklus II sudah mencapai 17 peserta didik atau 90%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Akidah Akhlak; Metode pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa., M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:31
Last Modified: 27 Apr 2016 02:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item