Hubungan antara Prestasi Belajar Kognitif Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Tingkat Penyimpangan Perilaku Peserta Didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang Tahun Pelajaran 2012/2013

Rofiuddin, Rofiuddin (2013) Hubungan antara Prestasi Belajar Kognitif Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Tingkat Penyimpangan Perilaku Peserta Didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111034_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111034_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111034_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111034_Bab3.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111034_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111034_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111034_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: Bagaimanakah Hubungan antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran akidah akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran Akidah Akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik di MTs NU 01 Banyuputih tahun ajar 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis product moment. Subyek penelitian ini adalah 32 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik korelasi product moment. Dari analasis uji hipotesis diketahui, ada hubungan negatif yang sangat kuat antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran akidah akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi diketahui, bahwa rxy = -0.674> rtabel (0,05)= 0,349 dan rxy = -0.674> rtabel (0,01)= 0,449. Dengan demikian harga rxy = -0.674 dinyatakan signifikan, karena rxy> rt. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara variabel X dan Y dan hipotesis diterima. Ini berarti hubungan antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran akidah akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik sangat kuat, dan prestasi kognitif akidah akhlak itu mempengaruhi tingkat penyimpangan perilaku siswa, karena semakin baik nilai prestasi kognitif akidah akhlak maka semakin rendah tingkat penyimpangan perilaku. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru dan khususnya bagi orang tua peserta didik. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi semua, baik peserta didik, orang tua, guru, dan lembaga pendidikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Kognitif; Akidah Akhlak; Penyimpangan Perilaku
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 05 Dec 2013 06:52
Last Modified: 05 Dec 2013 06:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item