Hubungan antara Prestasi Belajar Kognitif Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Tingkat Penyimpangan Perilaku Peserta Didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang Tahun Pelajaran 2012/2013
Rofiuddin, Rofiuddin (2013) Hubungan antara Prestasi Belajar Kognitif Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Tingkat Penyimpangan Perilaku Peserta Didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111034_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083111034_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
083111034_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
083111034_Bab3.pdf
Download (39kB) | Preview
083111034_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
083111034_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
083111034_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang menjadi kajian peneliti, yaitu: Bagaimanakah Hubungan antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran akidah akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang tahun pelajaran 2012/2013?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran Akidah Akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik di MTs NU 01 Banyuputih tahun ajar 2012/2013.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan analisis product moment. Subyek penelitian ini adalah 32 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik korelasi product moment. Dari analasis uji hipotesis diketahui, ada hubungan negatif yang sangat kuat antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran akidah akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik di MTs NU 01 Banyuputih Batang. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi diketahui, bahwa rxy = -0.674> rtabel (0,05)= 0,349 dan rxy = -0.674> rtabel (0,01)= 0,449. Dengan demikian harga rxy = -0.674 dinyatakan signifikan, karena rxy> rt. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara variabel X dan Y dan hipotesis diterima. Ini berarti hubungan antara prestasi belajar kognitif mata pelajaran akidah akhlak dan tingkat penyimpangan perilaku peserta didik sangat kuat, dan prestasi kognitif akidah akhlak itu mempengaruhi tingkat penyimpangan perilaku siswa, karena semakin baik nilai prestasi kognitif akidah akhlak maka semakin rendah tingkat penyimpangan perilaku.
Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru dan khususnya bagi orang tua peserta didik. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi semua, baik peserta didik, orang tua, guru, dan lembaga pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar Kognitif; Akidah Akhlak; Penyimpangan Perilaku |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 06:52 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 06:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/539 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year