Metode pembelajaran tah}fi<z} Al-qur’a>n (studi metode pembelajaran tah}fi<z} Al-qur’a>n siswa kelas III di SDIT Robbani Kendal)

Aliyah, Himmatul (2014) Metode pembelajaran tah}fi<z} Al-qur’a>n (studi metode pembelajaran tah}fi<z} Al-qur’a>n siswa kelas III di SDIT Robbani Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
103111037.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah metode apa yang digunakan dalam pembelajaran Tah}fi<z} Al-Qur’a>n di SDIT Rabbani Kendal, bagaimana keberhasilan metode pembelajaran Tah}fi<z} Al-Qur’a>n yang dicapai oleh siswa di SDIT Rabbani Kendal, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan Tah}fi<z} Al-Qur’a>n di SDIT Rabbani Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara kritis tentang metode pembelajaran Tah}fi<z} Al-Qur’a>n bagi siswa-siswi kelas III di SDIT Rabbani Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Rabbani Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan di SDIT Rabbani Kendal dalam Tah}fi<z} Al-Qur’a>n yaitu: (1) Bin-Nadzar Yaitu membaca dengan cermat ayat-ayat Al-Qur’a>n yang akan dihafal dengan melihat mushaf secara berulang-ulang. Proses bin-nadzar ini dilakukan sebanyak mungkin untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang lafazh maupun urutan ayat-ayatnya. (2) Tah}fi<z} Yaitu menghafal sedikit demi sedikit Al-Qur’a>n yang telah dibaca secara berulang-ulang tersebut. Misalnya menghafal satu baris, beberapa kalimat, atau sepotong ayat pendek sampai tidak ada kesalahan. Setelah satu baris atau beberapa kalimat itu dihafal dengan baik lalu ditambah lagi dengan merangkai baris atau kalimat lagi berikutnya, begitu seterusnya. (3) Talaqqi> Yaitu menyetorkan atau mendengarkan hafalan yang baru dihafal kepada seorang guru. (4) Takri>r Yaitu mengulang hafalan atau menyima’kan hafalan yang pernah dihafalkan/sudah disima’kan kepada guru. Takri>r dimaksudkan agar hafalan yang pernah dihafal tetap terjaga dengan baik. (5) Tasmi’ Yaitu mendengarkan hafalan kepada orang lain baik kepada perseorangan maupun kepada jamaah. Dengan tasmi’ ini seseorang akan diketahui kekurangan pada dirinya, karena bisa saja seorang penghafal lengah dalam mengucapkan huruf atau harakat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Tah}fi<z} Al-qur’a>n
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing : Nadhifah, Mursid
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Apr 2016 07:27
Last Modified: 14 Apr 2016 07:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5402

Actions (login required)

View Item View Item