Pengajaran Tauhid di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal

Aripin, Aripin (2009) Pengajaran Tauhid di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Aripin_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aripin_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aripin_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aripin_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (210kB) | Preview
[img] Text
Aripin_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
Aripin_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
Aripin_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aripin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (32kB) | Preview

Abstract

Pengajaran ilmu tauhid dipesantren, menggunakan sistem bandongan dan sorogan yang digunakan untuk mengajarkan kitab-kitab klasik dalam bentuk istilah mengapsahi, Perlu ditegaskan bahwa kalangan pesantren salafiyah khususnya di Jawa memiliki cara membaca tersendiri dalam mempelajari kitab (teks), yaitu yang dikenal dengan cara utawi – iki – iku, sebuah cara membaca dengan memakai pendekatan grammar (Nahwu dan Shorof) yang ketat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ; 1). Bagaimana Pengajaran Ilmu Tauhid di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal?, dan, 2). Bagaimana Karakteristik Pengajaran Ilmu Tauhid di Pondok Pesantren At-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal?. Penelitian ini memaparkan gambaran secara keseluruhan proses dan karakteristik pembelajaran tauhid di pondok pesantren at-Tauhidiyah Cikura Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif yaitu berusaha mendapatkan gambaran informasi mengenai pembelajaran ilmu tauhid di Pondok Pesantren at-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal Hasil penelitian menunjukan pengajaran ilmu tauhid di pondok pesantren at-Tauhidiyah dilaksanakan dengan sistem klasikal dan non klasikal. Sistem klasikal dilaksanakan melalui pembelajaran Madrasah Diniyah yang terdiri dari tingkat persiapan 3 tahun, tingkat ibtidaiyah 3 tahun, dan tingkat wustha 3 tahun. Sistem klasikal dimulai pada waktu pagi hari setelah shalat dhuha (kira-kira) jam 9 WIB), sampai dengan pukul 12.00 WIB. Sedangkan sistem non klasikal dilaksanakan dengan metode bandongan atau wetonan, metode sorogan yang dikombinasikan dengan metode hapalan, dan metode halaqah. Aspek sistem evaluasi keberhasilan belajar di pesantren at-Tauhidiyah Cikura, ditentukan oleh performance santri dalam kemampuan mengahapal dan memahami teks sebuah materi dari sudut morfologi semata. Pemahaman tauhid kurang mendapatkan perhatian dan evaluasi yang cocok. Pada tingkat awal keberhasilan siswa ditentukan oleh kemampuan memorinya dalam menghapal bukan sejauhmana pemahamannya. Karakteristik pengajaran ilmu tauhid di pondok pesantren at-Tauhidiyah Cikura Bojong Tegal dapat diklasifikasikan : Pertama, ilmu tauhid yang dipelajari di khususkan pada aqaid seket, yaitu 20 sifat wajib bagi Allah, 20 Sifat Mustahil bagi Allah, 1 sifat jaiz bagi Allah, 4 sifat wajib bagi rasul, 4 sifat mustahil bagi rasul, dan 1 sifat jaiz bagi para rasul. Kemudian aqaid 50 tersebut dikembangkan menjadi aqaid 64 (Said, jilid II, tt : 3). Kedua, ilmu tauhid tentang doktrin ma’rifat kepada Allah, pengetahuan tentang ma’rifat kepada Allah hanya bisa diketahui dengan mengetahui sifat-sifat wajib bagi Allah, sifat-sifat mustahil, dan sifat-sifat jaiz bagi Allah, Ketiga, mengetahui atau ma’ifat dengan Allah melalui dalil-dali pengetahuan tentang aqaid lima puluh hukumnya fardlu ‘ain, karena aqaid-aqaid lima puluh merupakan penjabaran dari makna dua kalimah syahadat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tauhid; Pondok Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:15
Last Modified: 05 Dec 2013 09:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item