Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus Tahun pelajaran 2008/2009

Muhamadun, Muhamadun (2009) Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Kudus Tahun pelajaran 2008/2009. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Muhammadun_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammadun_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammadun_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammadun_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muhammadun_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah merupakan pelajaran penting. Karena ia diharapkan dapat membantu memahami sumber ajaran Islam yang menggunakan teks-teks berbahasa Arab seperti Al-Qur’an, Hadits, dan kitab-kitab lainnya. Akan tetapi, pembelajaran bahasa Arab yang diterima siswa belum mencapai hasil yang baik. Hal ini disebabkan antara lain minat dari siswa masih rendah. Minat yang rendah ini dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal bisa berupa sarana prasarana, siswa, lingkungan belajar pola pembelajaran. Penelitian ini akan membahas sejauh mana pola pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dalam menunjang hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab dan menghitung seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas XII MAN 2 Kudus. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan control group pre test-post tes design dengan dua variabel yaitu variabel bebas pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dan variabel terikat hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus yang terbagi dalam sepuluh kelas. Dua kelas dipilih sebagai sampel menggunakan teknik random sampling dengan pengundian dibagi dalam dua kelompok perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab digunakan t-test. Dan untuk menghitung seberapa besar pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab tersebut digunakan regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 11,294 < ttabel. Berarti ada pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan audio visual terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas XII MAN 2 Kudus yang besarnya pengaruh adalah 72,571%. Rekomendasi yang disampaikan : 1) guru-guru mata pelajaran bahasa Arab hendaknya memanfaatkan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) penelitian ini diharapkan menjadi dasar untuk pengembangan teori dalam pembelajaran yang menggunakan media.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:15
Last Modified: 05 Dec 2013 09:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/587

Actions (login required)

View Item View Item