Efektivitas model pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi Matriks kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Khasanah, Uswatun (2016) Efektivitas model pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada materi Matriks kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113511066.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) bagaimana model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing pada materi Matriks peserta didik kelas X di MA Negeri 1 Semarang. b) apakah model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing efektif terhadap peningkatan minat belajar matematika peserta didik kelas X di MA Negeri 1 Semarang. c) apakah model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Matriks kelas X di MA Negeri 1 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Negeri 1 Semarang, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X Agama 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Agama 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan peneliti adalah uji t-tes dari data nilai minat dan hasil belajar matematika yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji t-tes dengan taraf signifikan α=5% diperoleh: a) rata-rata minat belajar matematika kelas eksperimen sebesar 65,41 dan rata-rata minat belajar matematika kelas kontrol sebesar 60,57 Berdasarkan nilai minat peserta didik diperoleh t_(0,05)(72) =1,666 dan t_hitung=2,338, karena t_hitung berada pada daerah penolakan H_0, sehingga H_1 diterima. H_1 diterima, berarti kelas eksperimen memiliki rata-rata minat belajar lebih baik dari pada rata-rata minat belajar kelas kontrol. b) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 70,51 lebih besar dari KKM yaitu 70 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol 45,40. Berdasarkan nilai hasil belajar diperoleh t_(0,05)(72) =1,666 dan t_hitung=7,415, karena t_hitung berada pada daerah penolakan H_0, sehingga H_1 diterima. H_1 diterima, berarti kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: a) model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing efektif untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik. b) Model pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem Posing; Matriks; Hasil belajar; Prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: Pembimbing: Siti Maslikhah, M. Si.; Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:25
Last Modified: 04 Oct 2016 00:25
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5887

Actions (login required)

View Item View Item