Analisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan Himpunan ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon

Lestari, Sri Wiji (2016) Analisis proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan Himpunan ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123511090.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis merupakan suatu jenis berpikir yang mempunyai peranan penting dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses berpikir kritis ini memiliki 4 indikatoryaitu klarifikasi, assesment, inferensi serta strategi dan taktik. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dilatih melalui pemberian soal pemecahan masalah yang bersifat nonrutin terutama dalam hal ini adalah berkaitan dengan materi himpunan. Proses berpikir setiap individu dapat berbeda-beda. Salah satunya adalah karena dipengaruhi oleh kepribadiannya. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian eksttrovert dan introvert pada siswa kelas VII SMPN 2 Sumber Cirebon. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-H yang berjumlah 36 siswa. Dari kelas tersebut kemudian diambil 6 responden yaitu kelompok atas, sedang dan bawah dari masing-masing kepribadian ekstrovert dan introvert. Pengelompokan didasarkan pada tes kemampuan berpikir kritis dan angket kepribadian. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa : (1) Proses berpikir kritis siswa introvert dari kelompok atas dalam pemecahan masalah matematika pada materi himpunan dari empat soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek melalui tahap klarifikasi, assesment, ineferensi serta strategi dan taktik. (2) Proses berpikir kritis siswa ekstrovert dari kelompok atas dan siswa introvert dari kelompok sedang dalam pemecahan masalah matematika pada materi himpunan dari empat soal yang diberikan menunjukkan bahwa mereka melalui tahap klarifikasi, assesment dan ineferensi. (3) Proses berpikir kritis siswa ekstrovert dari kelompok sedang dalam pemecahan masalah matematika pada materi himpunan dari empat soal yang diberikan menunjukkan bahwa subjek melalui tahap klarifikasi dan assesment. (4) Proses berpikir kritis siswa ekstrovert dan introvert dari kelompok bawah dalam pemecahan masalah matematika pada materi himpunan dari empat soal yang diberikan menunjukkan bahwa mereka hanya melalui tahap klarifikasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah matematika; Berpikir kritis; Kepribadian; Ekstrovert-Introvert; Himpunan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Additional Information: Pembimbing: Mujiasih, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:48
Last Modified: 06 Oct 2016 02:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5915

Actions (login required)

View Item View Item