Pengembangan modul pembelajaran kimia berorientasi etnosains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit kelas X MA Salafiyah Simbang Kulon Pekalongan

Lia, Roudloh Muna (2016) Pengembangan modul pembelajaran kimia berorientasi etnosains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit kelas X MA Salafiyah Simbang Kulon Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123711039.pdf - Accepted Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini didasarkan dengan karakteristik peserta didik yang lebih suka belajar mandiri dan kurangnya pemahaman pelajar terhadap batik secara ilmiah. Padahalkeberadaan batiktelah menjadi sumber penghidupan serta menyatu dalam masyarakat, akan tetapi kurang diketahui oleh pelajar di Wilayah Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan modul pembelajaran kimiaberorientasi etnosains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Komposisi modul pembelajarannya disesuaikan pada karakteristik etnosains sehingga dihasilkan modul pembelajaran yang berkualitas. Subjek dari penelitian iniadalah peserta didik kelas X M.A. Salafiyah Simbang Kulon Pekalongan yang berjumlah 9 anak dengan kriteria masing-masing 3 peserta didik dengan tingkat pemahaman atas, menengah, dan bawah. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima fase atau tahapan utama, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation.Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap implementasi kelompok kecil. Hasil uji kelayakan modul pembelajaran kimia tahap I untuk keseluruhan nilai pakar sebesar 82.67% dengan kategori sangat valid. Hasil rata-rata keseluruhan nilai pakar pada validasi tahap IImeningkat, yaitu sebesar 90% dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji keterbacaan teks mencapai nilai 100% yang menunjukkan modul tersebut tidak perlu direvisi dalam hal pengemasan materinya. Presentase respon/tanggapan peserta didik sebagai pengguna modul sebesar 90.91%. Berdasarkan hasil uji kualitas modul etnosains, maka modul ini dinyatakan layak sebagai sarana belajar mandiri dan bisa dilanjutkan ke tahap implementasi kelas besar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Pendidikan Kimia; Etnosains; Elektrolit dan Non-Elektrolit
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Additional Information: Pembimbing: Wirda Udaibah, S. Si., M. Si.; Mulyatun, S. Pd., M. Si.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:55
Last Modified: 06 Oct 2016 02:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item View Item