Peningkatan hasil belajar mengartikan surat-surat pendek melalui metode card sort mapel Qur’an-Hadits siswa kelas V SD Muhammadiyah 16 Semarang tahun pelajaran 2015–2016

Kasim, Maryam (2016) Peningkatan hasil belajar mengartikan surat-surat pendek melalui metode card sort mapel Qur’an-Hadits siswa kelas V SD Muhammadiyah 16 Semarang tahun pelajaran 2015–2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (823kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar mengartikan surat al Maun pada mata pelajaran Qur’an Hadis siswa kelas V SD Muhammadiyah 16Semarang pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 16 Tegalsari Perbalan Kelurahan Wonotingal kecamatan Candisari Semarang, yang berjumlah 21 siswa, terdiri atas 8 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki.Teknik pengumpulan data dalampenelitianiniadalahmetodetes, interview atauwawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus, Siklus I, dan Siklus II, adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang terjadi dalam penyampaian materi dari ketuntasan 28% dengan rata-rata 6% pada pra siklus dan ketuntasan meningkat menjadi 71.5 dengan rata –rata 68.1, pada siklus I dan ada peningkatan yang signifikan ketuntasan menjadi 80.9 dengan rata-rata 71.4 pada siklus II, dari hasil penelitian dari 21 peserta didik sudah mencapai KKM dan dinyatakan ketuntasannya

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Terjemah al-Qur'an; Metode belajar; Card sort
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1229 Individual Suras and Groups of Suras
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Jasuri, M.S.I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Nov 2016 09:47
Last Modified: 29 Nov 2016 09:47
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6141

Actions (login required)

View Item View Item