Efektifitas penggunaan metode everyone is a teacher here dengan media audio visual terhadap hasil belajar materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah kelas V MI Al-Wathoniyyah Kota Semarang tahun 2015/2016

Mualifah, Umi (2016) Efektifitas penggunaan metode everyone is a teacher here dengan media audio visual terhadap hasil belajar materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah kelas V MI Al-Wathoniyyah Kota Semarang tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911111.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas penggunaan metode everyone is a teacher here dan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah kelas V MI Al-Wathoniyyah Kota Semarang tahun 2015/2016. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS yang hanya memenuhi standar ketuntasan minimal. Hal itu disebabkan oleh pemahaman siswa yang kurang terhadap materi yang diajarkan, karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang beragam dan media yang masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penggunan metode everyone is a teacher here dengan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah kelas V MI Al-Wathoniyyah Kota Semarang Tahun 2015/2016. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Apakah penggunaan metode everyone is a teacher here dengan media audio visual efektif terhadap hasil belajar materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah kelas V MI Al-Wathoniyyah Kota Semarang Tahun 2015/2016?” Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design” yang dilaksanakan di MI Al-Wathoniyyah Kota Semarang. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, yang terdiri dari kelas V.1 dan kelas V.2. Kelas V.1 sebagai kelas kontrol terdiri dari 27 peserta didik dan kelas V.2 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 30 peserta didik. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai pre test. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan berbeda, kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan metode everyone is a teacher here dengan media audio visual. Setelah data didapat dari uji post test terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kemudian data dianalisi dengan uji perbedaan rata-rata (uji t). Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode every one is a teacher here dengan media audio visual efektif terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah kelas V MI Al-Wathoniyyah Kota Semarang tahun 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan kelas eksperimen = 74,267 dan rata-rata kelas kontrol = 64,444. Ini berarti ini berarti rata-rata hasil belajar IPS peserta didik yang diajar menggunakan metode every one is a teacher here dengan media audio visual lebih tinggi dibandingkan pada rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata (uji t) dengan taraf signifikansi = 5% diperoleh thitung = 2,875, sedangkan ttabel = 2,00. Dengan demikian thitung > ttabel , maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Sejarah untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Sukasih, M. Pd.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 15 Dec 2016 00:21
Last Modified: 15 Dec 2016 00:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item