Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar tata cara wudhu pada siswa kelas I MI Baran Kecamatan Ambarawa Kab. Semarang tahun 2015/2016

Isnawati, Heni (2016) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar tata cara wudhu pada siswa kelas I MI Baran Kecamatan Ambarawa Kab. Semarang tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan Hasil Belajar Materi Tata Cara Wudhu dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas I MI Baran Kecamatan Ambarawa Kab. Semarang Tahun 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas I MI Baran Ambarawa. Dalam pembelajaran Fiqih materi tata cara wudhu selama ini guru menggunakan metode ceramah, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa belum sesuai yang diharapakan, karena masih banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Dalam kenyataannya masih banyak siswa yang belum faham dan mahir dalam melaksanakan praktek wudhu. Dari 33 siswa kelas I MI Baran Ambarawa, terdapat 15 siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil belajar pada siklus I ditemukan 13 siswa (39 %) tidak tuntas, 20 siswa (61 %) tuntas dalam belajar, pada siklus II ditemukan 7 siswa (21 %) tidak tuntas, 26 siswa (79 %) tuntas dalam belajar dan pada siklus III ditemukan 3 siswa (9 %) tidak tuntas, 30 siswa (91 %) tuntas dalam belajar. Dengan demikian, indikator keberhasilan belajar ketuntasan siswa sebesar 85 % atau nilai KKM sebesar 75 sudah terpenuhi, jadi siklus dihentikan. Sebanyak 3 siswa (9 %) yang tidak tuntas belajar dilakukan remidi secara individual di luar jam yang dijadwalkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Rosidi, M. S. I.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:48
Last Modified: 20 Dec 2016 04:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6228

Actions (login required)

View Item View Item