Penelitian tindakan kelas upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing dengan menggunakan media gambar IPS materi Peran dan Kedudukan Anggota Keluarga kelas II Semester II MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016

Mustaqimah, Mustaqimah (2016) Penelitian tindakan kelas upaya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran role playing dengan menggunakan media gambar IPS materi Peran dan Kedudukan Anggota Keluarga kelas II Semester II MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123911298.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Role Playing atau bermain peran adalah salah satu bentuk permainan pendidikan (educational games) yang dipakai untuk menjelaskan perasaan, sudut pandangan, dan cara berpikir orang lain (membayangkan diri sendiri seperti dalam keadaan orang lain). Berdasarkan pengamatan peneliti pada siswa kelas Kelas II MI Darul Ulum diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah, hanya mencapai 55 %. Nilai ini masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ditetapkan yaitu 76. Dalam pembelajaran guru kurang melibatkan siswa secara langsung. Guru sering menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan materi, sehingga pembelajaran hanya berpusat pada guru. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing pada materi " Peran dan Kedudukan Anggota Keluarga" mata pelajaran IPS kelas III MI Darul Ngaliyan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap, yaitu: Perencanaan, Tindakan dan Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Pada siklus I guru mengalami kesulitan dalam menerapkan metode Role Playing kemudian pada siklus II guru menjadi lebih terampil dalam pembelajaran. Ini terbukti dari hasil perolehan nilai siswa dalam pembelajaran pada siklus I mencapai skor 76 yang hanya 70 % dan mengalami peningkatan pada siklus II yang mencapai skor 75 sebanyak 92 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS materi “Peran dan Kedudukan Anggota Keluarga” di kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan dengan menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil siswa dalam mengikuti pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Media pembelajaran; Hasil belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : H. Nur Khoiri, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 24 Dec 2016 04:28
Last Modified: 24 Dec 2016 04:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item