Peningkatan Hasil Belajar Materi Pokok Ibadah Haji Melalui Model Picture To Picture Peserta Didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010

Aspari, Aspari (2012) Peningkatan Hasil Belajar Materi Pokok Ibadah Haji Melalui Model Picture To Picture Peserta Didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
073111212_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111212_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111212_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111212_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111212_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111212_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
073111212_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali dalam mata pelajaran Fiqih khususnya pada materi pokok Ibadah Haji dengan penerapan model Picture to Picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan 16 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung, yaitu pengamatan saat terjadi interaksi belajar mengajar, baik antara siswa dengan siswa, maupun siswa dengan guru. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus, yaitu: (1) Pra Siklus, (2) Sikuls I, dan (3) Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan, pada kondisi Pra Siklus, kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 6,25%, kriteria cukup mencapai 75%, dan kriteria tinggi mencapai 18,75%. Hasil ini memberikan gambaran tentang proses pembelajaran bahwa proses pembelajaran masih didominasi pada kriteria cukup sehingga proses pembelajaran belum bisa maksimal. Pada Kondisi Siklus I, kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 6,25%, kriteria cukup mencapai 50%, dan kriteria tinggi mencapai 43,75%. Hasil ini memberikan gambaran tentang proses pembelajaran masih didominasi pada kriteria cukup sehingga proses pembelajaran belum bisa maksimal. Pada Siklus II didaptkan hasil, bahwa kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 0%, kriteria cukup mencapai 12,50%, dan kriteria tinggi mencapai 87,50%. Hasil ini memberikan gambaran bahwa proses pembelajaran di siklus kedua berada dalam kriteria tinggi sehingga proses pembelajaran sudah maksimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode picture to picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIM Wonosari, Simo, Boyolali, khususnya pada materi pokok Ibadah Haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ibadah Haji; Model Picture To Picture; Pembelajaran Alternatif; Hasil Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Dec 2013 04:07
Last Modified: 06 Dec 2013 04:07
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item