Peningkatan Hasil Belajar Materi Pokok Ibadah Haji Melalui Model Picture To Picture Peserta Didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010
Aspari, Aspari (2012) Peningkatan Hasil Belajar Materi Pokok Ibadah Haji Melalui Model Picture To Picture Peserta Didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali Semester I Tahun Pelajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
073111212_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (685kB) | Preview
073111212_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
073111212_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (156kB) | Preview
073111212_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (24kB) | Preview
073111212_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (75kB) | Preview
073111212_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (6kB) | Preview
073111212_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V MIM Wonosari Simo Boyolali dalam mata pelajaran Fiqih khususnya pada materi pokok Ibadah Haji dengan penerapan model Picture to Picture.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang melibatkan 16 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi langsung, yaitu pengamatan saat terjadi interaksi belajar mengajar, baik antara siswa dengan siswa, maupun siswa dengan guru. Penelitian dilakukan melalui 3 siklus, yaitu: (1) Pra Siklus, (2) Sikuls I, dan (3) Siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan, pada kondisi Pra Siklus, kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 6,25%, kriteria cukup mencapai 75%, dan kriteria tinggi mencapai 18,75%. Hasil ini memberikan gambaran tentang proses pembelajaran bahwa proses pembelajaran masih didominasi pada kriteria cukup sehingga proses pembelajaran belum bisa maksimal. Pada Kondisi Siklus I, kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 6,25%, kriteria cukup mencapai 50%, dan kriteria tinggi mencapai 43,75%. Hasil ini memberikan gambaran tentang proses pembelajaran masih didominasi pada kriteria cukup sehingga proses pembelajaran belum bisa maksimal. Pada Siklus II didaptkan hasil, bahwa kemampuan proses pembelajaran dalam kriteria rendah mencapai 0%, kriteria cukup mencapai 12,50%, dan kriteria tinggi mencapai 87,50%. Hasil ini memberikan gambaran bahwa proses pembelajaran di siklus kedua berada dalam kriteria tinggi sehingga proses pembelajaran sudah maksimal.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode picture to picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIM Wonosari, Simo, Boyolali, khususnya pada materi pokok Ibadah Haji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ibadah Haji; Model Picture To Picture; Pembelajaran Alternatif; Hasil Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah) 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Dec 2013 04:07 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 02:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/625 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year