Pengaruh proses pendidikan madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pamotan Rembang

Lathifatunnur, Lathifatunnur (2016) Pengaruh proses pendidikan madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pamotan Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh proses pendidikan madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Pamotan Rembang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah proses pendidikan madrasah diniyah yang ada di daerah Pamotan khususnya yang didapat peserta didik SMP N 1 Pamotan Rembang?. (2) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik SMP N 1 Pamotan Rembang?. (3) Adakah Pengaruh Proses Pendidikan madrasah diniyah yang didapat peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Pamotan Rembang?. Penenlitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data yang berupa angka yang kemudian diolah dan dianalisis untuk mendapatkan informasi. Sedangkan pendekatannya menggunakan pendekatan penelitian survey, yaitu penelitian yang tujuan utamanya mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekelompok (objek) populasi. Populasi penelitian sebanyak 424 peserta didik, kemudian diambil sampel sebanyak 81 responden dengan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Penggunaan angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai proses pendidikan madrasah diniyah, sedangkan dokumentasi digunakan sebagai pengumpul data prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Semua data kemudian di analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan hipotesisnya diuji menggunakan analisis regresi sederhana. Dalam skripsi ini perhitungan atau pengolahan data menggunakan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pendidikan madrasah diniyah yang diikuti peserta didik SMP N 1 Pamotan dikategorikan cukup, yaitu berada pada interval antara 79,04 – 84,52 dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 81,79 dan standar deviasi sebesar 5,48. (2) Prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik SMP N 1 Pamotan Rembang dikategorikan cukup, yaitu berada pada interval 80,8-86 dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 83,52 dan standar deviasi sebesar 5,304. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara proses pendidikan madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Pamotan Rembang yakni sebesar 0,449. Persamaan analisis regresi sederhana yang diperoleh ŷ = 48,017 + 0,434x dengan nilai Fhitung 19,964. Besaran nilai Fhitung lebih besar dibanding dengan Ftabel (df1 dan df2 79) sebesar 3,96 ( taraf 5%) dan 6,67 (1%) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara proses pendidikan madrasah diniyah terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Pamotan Rembang. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan peserta didik melengkapi diri dengan berbagai pendidikan tambahan/ suplemen (non-formal) seperti madrasah diniyah sehingga dapat memaksimalkan prestasi belajar baik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Madrasah diniyah; Prestasi belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Widodo Supriyono, MA.; Drs. H. Agus Sholeh, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:35
Last Modified: 25 Mar 2017 02:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6602

Actions (login required)

View Item View Item