Pengaruh Kontribusi Orang Tua dalam Pendidikan Agama di Keluarga Terhadap Perilaku Beribadah Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pongangan Kec. Gunungpati Kota Semarang

Cholasoh, Cholasoh (2012) Pengaruh Kontribusi Orang Tua dalam Pendidikan Agama di Keluarga Terhadap Perilaku Beribadah Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pongangan Kec. Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111007_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111007_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111007_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111007_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111007_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111007_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111007_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana kontribusi orang tua dalam pendidikan agama di keluarga 2) Bagaimana perilaku beribadah anak usia sekolah dasar di desa Pongangan Kec. Gunungpati Kota Semarang; dan 3) Sejauhmana pengaruh kontribusi orang tua dalam pendidikan di keluarga (X) terhadap perilaku beribadah anak usia sekolah dasar (Y) di Desa Pongangan Kec. Gunungpati Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 29 responden untuk variabel X, dan 29 responden untuk variabel Y, yaitu 25% dari populasi 116 anak usia sekolah dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Stratified random Sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket tertutup, untuk menjaring data X dan data Y. Sedangkan Observasi digunakan untuk mendapatkan data yang tidak dapat diperoleh melalui angket. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipótesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi orang tua dalam pendidikan agama di keluarga dalam kategori “cukup”. Rata-rata variabel kontribusi orang tua dalam pendidikan di keluarga adalah 79 terletak pada interval 75-82, sedangkan perilaku beribadah anak usia sekolah dasar di desa pongangan Kec. Gunungpati Kota Semarang dalam kategori “cukup”. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata variabel perilaku beribadah yaitu 65 terletak pada interval 59-70. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa: korelasi antara kontribusi orang tua dalam pendidikan agama di keluarga terhadap perilaku beribadah anak usia sekolah dasar di desa Pongangan Kec. Gunungpati Kota Semarang adalah signifikan, hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,504 > r tabel pada taraf signifikansi 0,01 dan 0,05. Dari hasil uji t juga menunjukkan bahwa Thitung = 3,034 > ttabel (0,01)=2,771 dan ttabel (0,05)=1,703, ini berarti signifikan, dan koefisien determinasinya r2 = 0,254016. Hal ini menunjukkan bahwa 25,4016 % nilai perilaku beribadah anak ditentukan oleh kontribusi orang tua dalam pendidikan agama di keluarga, melalui fungsi taksiran persamaan garis regresi: Y = 0,787+16,720. Pengujian hipótesis penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif kontribusi orang tua dalam pendidikan di keluarga, hal ini ditunjukkan oleh Freg = 9,203 > Ftabel (0,01) = 7,68 dan Ftabel (0,05) = 4,21. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan seluruh penduduk desa tempat lokasi penelitian, para perangkat Desa Pongangan Gunungpati Semarang, juga para pendidik umumnya, terutama dalam usaha untuk memberikan kontribusi yang banyak dalam hal pendidikan untuk anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Orang Tua; Pendidikan Agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:03
Last Modified: 09 Dec 2013 06:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/668

Actions (login required)

View Item View Item