Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam

Wahyudi, Imam (2013) Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111067_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111067_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111067_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111067_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111067_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111067_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111067_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (30kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam perspektik pendidikan Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kekhawatiran terhadap sistem serta model pendidikan yang dijalankan di negeri ini, dalam hemat peneliti beranggapan bahwa model pendidikan yang berjalan dirasa terlalu material oriented serta sudah jauh dari nilai-nilai kemanusiaan yang selalu dijunjung tinggi oleh Ki Hadjar Dewantara dalam setiap pendidikan yang ia jalankan di negeri ini. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara? 2) Bagaimanakah konsep pendidikan Islam?3)Bagaimanakah konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam perspektif pendidikan Islam? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dengan jenis analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara yaitu dengan memposisikan pendidikan sebagai Penuntun, dijalankan dengan kemurah hatian dan kasih sayang mendalam kepada peserta didik. Dasar pendidikan yang beliau jalankan dengan menggunakan asas Panca Dharma (kemerdekaan, kemanusiaan, kebangsaan, kodrat alam, dan kebudayaan). Adapun metode pendidikan yang paling utama yang ia gunakan adalah dengan metode Among yang berlandaskan atas prinsip Ing Ngarsa Asung Tuladha, Ing Madya Amangun Karsa, Tutwuri Handayani, tujuan pendidikannya yaitu menjadikan peserta didik benar-benar menjadi anak yang merdeka dan mandiri dalam setiap kehidupannya. 2) Konsep pendidikan Islam yang selama ini berjalan memang sangatlah kompleks, karena pendidikan Islam sendiri memakai tiga istilah dalam pemaknaannya, yaitu tarbiyah, ta’dib, dan ta’lim. Pendidikan Islam sendiri berfungsi sebagai alat untuk memproses pengembangan potensi manusia, baik secara mikro maupun makro dengan dilandaskan pada nilai-nilai keilahiaan. 3)Pendidikan Islam memandang bahwa konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara yang dijalankan selama ini bisa dikatakan selaras dengan konsep pendidikan Islam, hal tersebut dapat kita lihat dari pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai konsep tentang manusia. Pandangan Ki Hadjar yang lain yang dianggap sejalan dengan dengan pendidikan Islam yaitu dalam hal: fungsi pendidikan, tujuan pendidikan, konsep tentang pendidik, dan peserta didik. Adapun hal-hal yang perlu ditekankan dalam proses pengajaran pendidikan Islam adalah: pendidikan Islam humanis dan egalitarian, demokratisasi pendidikan serta penuh etika dan moral. Jadi, adanya upaya memadukan kesalahen personal dan kesalehan sosial: keselamatan insaniyah, kemaslahatan basyariyah, serta keselamatan alam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humanistik; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:05
Last Modified: 09 Dec 2013 06:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item