Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam
Wahyudi, Imam (2013) Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111067_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (637kB) | Preview
083111067_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (133kB) | Preview
083111067_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (177kB) | Preview
083111067_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (140kB) | Preview
083111067_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
083111067_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (297kB) | Preview
083111067_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (30kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar
Dewantara dalam perspektik pendidikan Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
adanya kekhawatiran terhadap sistem serta model pendidikan yang dijalankan di
negeri ini, dalam hemat peneliti beranggapan bahwa model pendidikan yang
berjalan dirasa terlalu material oriented serta sudah jauh dari nilai-nilai
kemanusiaan yang selalu dijunjung tinggi oleh Ki Hadjar Dewantara dalam setiap
pendidikan yang ia jalankan di negeri ini.
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: 1)
Bagaimanakah konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara? 2)
Bagaimanakah konsep pendidikan Islam?3)Bagaimanakah konsep pendidikan
humanistik Ki Hadjar Dewantara dalam perspektif pendidikan Islam?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library
Reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
filosofis dengan jenis analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Konsep pendidikan humanistik Ki
Hadjar Dewantara yaitu dengan memposisikan pendidikan sebagai Penuntun,
dijalankan dengan kemurah hatian dan kasih sayang mendalam kepada peserta
didik. Dasar pendidikan yang beliau jalankan dengan menggunakan asas Panca
Dharma (kemerdekaan, kemanusiaan, kebangsaan, kodrat alam, dan kebudayaan).
Adapun metode pendidikan yang paling utama yang ia gunakan adalah dengan
metode Among yang berlandaskan atas prinsip Ing Ngarsa Asung Tuladha, Ing
Madya Amangun Karsa, Tutwuri Handayani, tujuan pendidikannya yaitu
menjadikan peserta didik benar-benar menjadi anak yang merdeka dan mandiri
dalam setiap kehidupannya. 2) Konsep pendidikan Islam yang selama ini berjalan
memang sangatlah kompleks, karena pendidikan Islam sendiri memakai tiga
istilah dalam pemaknaannya, yaitu tarbiyah, ta’dib, dan ta’lim. Pendidikan Islam
sendiri berfungsi sebagai alat untuk memproses pengembangan potensi manusia,
baik secara mikro maupun makro dengan dilandaskan pada nilai-nilai keilahiaan.
3)Pendidikan Islam memandang bahwa konsep pendidikan humanistik Ki Hadjar
Dewantara yang dijalankan selama ini bisa dikatakan selaras dengan konsep
pendidikan Islam, hal tersebut dapat kita lihat dari pandangan Ki Hadjar
Dewantara mengenai konsep tentang manusia. Pandangan Ki Hadjar yang lain
yang dianggap sejalan dengan dengan pendidikan Islam yaitu dalam hal: fungsi
pendidikan, tujuan pendidikan, konsep tentang pendidik, dan peserta didik.
Adapun hal-hal yang perlu ditekankan dalam proses pengajaran pendidikan
Islam adalah: pendidikan Islam humanis dan egalitarian, demokratisasi pendidikan
serta penuh etika dan moral. Jadi, adanya upaya memadukan kesalahen personal
dan kesalehan sosial: keselamatan insaniyah, kemaslahatan basyariyah, serta
keselamatan alam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Humanistik; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:05 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 06:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/670 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year