Studi komparasi kemampuan ranah kognitif bidang studi Al-Qur’an Hadis antara lulusan MI dan SD kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2011/2012

Hidayati, Annis Nurul (2012) Studi komparasi kemampuan ranah kognitif bidang studi Al-Qur’an Hadis antara lulusan MI dan SD kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 083111055_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111055_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 083111055_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111055_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 083111055_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111055_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 083111055_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111055_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 083111055_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111055_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 083111055_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111055_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 083111055_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111055_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuanranahkognitif bidang studi Al-Qur’an Hadis lulusan MI kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2011/2012. 2) Kemampuanranahkognitif bidang studi Al-Qur’an Hadis lulusan SD kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2011/2012. 3) Seberapa perbedaan kemampuan ranah kognitifbidang studi Al-Qur’an Hadis antara lulusan MI dan SD kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dan teknik analisis komparasi. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Ihyaul Ulum Wedarijaksa Pati tahun ajaran 2011/2012, dengan keseluruhan berjumlah 51 siswa. Karena populasinya kurang dari 100 maka diambil semua jadi penelitiannya merupakan penelitian populasi yang terdiri dari 20 siswa lulusan MI dan 31 siswa lulusan SD. Pengumpulan data menggunakan instrumen test. Sebelum instrument test digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan menggunakan data dokumentasi sebagai pelengkap.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik. Data yang dikumpulkan dengan cara metodetest. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata kemampuan ranah kognitif siswa lulusan MI adalah 70,3dengan prosentase ketuntasan 85%,sedangkan rata-rata kemampuan ranah kognitif siswa lulusan SD adalah 66,1dengan prosentase ketuntasan 61,29%. Berdasarkan hasil uji komparasi(uji t-test) yang diperoleh bahwa thitung = 2,759 dan ttabel1,684 dengan taraf signifikan 5% dan ttabel 1,303 dengan taraf signifikan 1% dengan dk=20+31-2= 49 jika thitung> ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan ranah kognitif bidang studi Al-Qur’an Hadis antara lulusan MI dan SD. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan ranah kognitif Al-Qur’an Hadis siswa lulusan MI lebih baik dari kemampuan ranah kognitif Al-Qur’an Hadis siswa lulusan SD.Dapat diketahuijuga seberapa perbedaan kemampuan ranah kognitif bidang studi Al-Qur’an Hadis siswa lulusan MI dan SD dilihat dari prosentase ketuntasan hasil belajar yaitu 23,71%
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi orang tua siswa dan para pengajar untuk senantiasa memberikan motivasi kepada peserta didik atau anaknya agar selalu meningkatkan kemampuan ranah kognitifnya di bidang pengetahuan agama Islam khususnya bidang studi Al-Qur’an Hadis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Studi Al-Qur’an Hadis; Kemampuan kognitif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:10
Last Modified: 13 Jul 2021 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/677

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics