Problematika Metode Pembelajaran Aktif Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di MI Nurul Ulum Sokokidul Kebonagung Demak Tahun Pelajaran 2011/2012

Hermawan, Adik (2012) Problematika Metode Pembelajaran Aktif Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di MI Nurul Ulum Sokokidul Kebonagung Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111130_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111130_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111130_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111130_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111130_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111130_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111130_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui problematika guru PAI dalam penerapan dan pengembangan metode pembelajaran aktif di MI Nurul Ulum Sokokidul Kebonagung Demak Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1) Observasi. 2) Interview. 3) Dokumentasi. Semua data dianalisis sesuai karakteristik penelitian. Proses analisis dimulai dengan mengatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam suatu pola, mengategorikan, serta menguraikannya. (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran aktif yang diterapkan dan dikembangkan di MI Nurul Ulum Sokokidul Kebonagung Demak diwujudkan dalam ke-lima komponen yang saling berperan dan mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, metode, media, guru serta peserta didik. Komponen tersebut dirancang dan diarahkan agar dalam pelaksanaannya peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk itulah metode yang diterapkan dan dikembangkan adalah active learning. Implementasi dari metode tersebut adalah index card match, card sort, small group discussion, tanya jawab dan peer lesson. Penerapan metode tersebut dilaksanakan melalui empat tahapan diantaranya adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut dan tahap evaluasi. Pada praktiknya penerapan active learning sudah hampir mendekati teori yang ada. Ini dibuktikan dengan persiapan guru dalam proses pembelajaran yang telah melalui tahapan–tahapan tersebut, dan sebagai wujud dari pengembangannya, guru memvariasikan sendiri pelaksanaannya dengan berbagai metode aktif lain yang relevan dengan materi yang akan diajarkannya. (2) problematika yang dihadapi oleh guru PAI di MI Nurul Ulum Sokokidul Kebonagung Demak dalam penerapan dan pengembangan metode pembelajaran aktif adalah: Pertama, bersumber dari guru PAI itu sendiri. Kedua, bersumber dari peserta didik yang meliputi kondisi fisik, kecerdasan, motivasi. Ketiga, bersumber dari sekolah, yang meliputi alokasi waktu, dan terbatasnya media pembelajaran yang dimiliki sekolah. Keempat, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Pembelajaran Aktif; Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:27
Last Modified: 09 Dec 2013 06:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item View Item