Implementasi hidden curriculum dalam membangun karakter religius peserta didik di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang

Khusna, Muhibatul (2014) Implementasi hidden curriculum dalam membangun karakter religius peserta didik di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of Halaman judul.pdf]
Preview
Text
Halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of Biblio.pdf]
Preview
Text
Biblio.pdf - Bibliography

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Lamp.pdf]
Preview
Text
Lamp.pdf - Additional Metadata

Download (1MB) | Preview

Abstract

dalam membangun karakter religius peserta didik. Kajiannya dilatarbelakangi oleh maraknya korupsi, kolusi, nepotisme, kekerasan antar pelajar, tawuran antar pelajar, pelanggaran HAM, terorisme, dan pornoaksi yang terjadi di negeri ini yang mayoritas pelakunya kaum berpendidikan yang disebabkan oleh degradasi moral peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang karena melihat eksistensi dari madrasah dalam menghasilkan output yang memiliki akhlakul karimah, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana konsep hidden curriculum dalam membangun karakter religius peserta didik di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang (2) Bagaimana strategi implementasi hidden curriculum dalam membangun karakter religius peserta didik di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang (3) Bagaimana evaluasi hidden curriculum dalam membangun karakter religius peserta didik di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode reduksi serta dipaparkan dalam bentuk narasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep hidden curriculum dalam membangun karakter religius merupakan gambaran didasarkan pada amanah untuk menyebarkan ajaran-ajaran Islam yang dituangkan dalam budaya madrasah berbasis islam sesuai dengan visi misi madrasah. (2) Implementasi hidden curriculum dapat dilihat dari berbagai kegiatan mulai dari interaksi pendidikan yang ada di dalam kelas maupun kegiatan diluar kelas. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Strategi implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius yaitu : strategi keteladanan, strategi pembiasaan, dan strategi budaya MI Al Khoiriyyah 1 Semarang berbasis religius. (3) Evaluasi hidden curriculum dalam membangun karakter religius menggunakan model evaluasi kualitatif, teknik evaluasi yang digunakan adalah pengamatan terhadap sikap peserta didik meliputi: pengamatan proses kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan muatan lokal, budaya madrasah berbasis religius, tata tertib yang berlaku dan semua interaksi yang terjadi di lingkungan MI Al Khoiriyyah 1 Semarang.
Kemudian dari kajian dan temuan tersebut kiranya dapat dijadikan acuan seluruh pihak sekolah dalam implementasi hidden curriculum untuk membangun karakter religius peserta didik di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang.
Selanjutnya, penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Bahan informasi bagi civitas akademi dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Fahrurrozi, Ikhrom
Uncontrolled Keywords: Hidden Curriculum; Karakter religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 22 Jun 2017 01:46
Last Modified: 22 Jun 2017 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics