Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Upaya Memaksimalkan Produktivitas Perusahaan (Studi Kasus pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem)

Enifah, Ernik (2012) Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai Upaya Memaksimalkan Produktivitas Perusahaan (Studi Kasus pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411026_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411026_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411026_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411026_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411026_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411026_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411026_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Pergeseran dalam memandang sumber daya manusia (SDM) telah terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini. Pada awalnya, sumber daya manusia tak lebih dari faktor produksi yang lain, sementara kini sumber daya manusia dipandang sebagai faktor strategis dan sangat menentukan dalam merealisasikan visi dan misi organisasi dibanding dengan faktor lain. Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan di samping faktor yang lain seperti modal. Oleh karena itu SDM harus di kelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM). Agar sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap produktivitas atau keberhasilan perusahaan, maka agenda penting bagi pimpinan dan khususnya divisi sumber daya manusia adalah meningkatkan kualitas karyawan ke arah visi dan misi perusahaan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendapatan deskriptif kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia pada KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem yaitu dengan melaksanakan dan menekankan fungsi operasional manajemen sumber daya manusia dengan baik yang meliputi (pengadaan karyawan, pengembangan karyawan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan dan pemberhentian karyawan) maka kualitas sumber daya manusia semakin meningkat sehingga produktivitas perusahaan juga maksimal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketujuh fungsi operasional manajemen sumber daya manusia tersebut terjalin secara erat sehingga membangun kualitas karyawan dalam memaksimalkan produktivitas KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem, dan sejauh ini dapat dilihat dari bertambahnya kantor-kantor cabang, dan penyaluran pembiayaan di KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Namun pada perkembangan assetnya, strategi yang diterapkan di KJKS BMT Bina Ummat Sejahtera Lasem belum maksimal, karena setiap tahunnya asset perusahaan menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sumber Daya Manusia; Produktivitas Perusahaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:42
Last Modified: 09 Dec 2013 06:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item