Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Islam Pemalang

Masruri, Masruri (2012) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Islam Pemalang. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Masruri_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Masruri_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Masruri_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah tolak ukur untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mengetahui dan memahami pelajaran yang didapatnya berupa pengetahuan, sikap dan ketrampilan setelah siswa mengalami proses belajar. Hasil belajar belajar Pendidikan Agama Islam siswa banyak dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar. Tingginya perhatian orang tua dan motivasi belajar dapat menunjang prestasi belajar yang dicapai siswa. Dukungan orang tua mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kepercayaan diri individu dalam mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa Penelitan ini bertujuan untuk melihat pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Islam Pemalang dengan menggunakan analisis jalur. Untuk menganalisis pola hubungan kausal antar variabel dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan apakah ada pengaruh antara perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X, XI dan XII SMK Islam Pemalang tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 887 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik porpotional random slampling yang berjumlah 90 siswa. Ukuran sampel yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus slovin. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua (X1) dan motivasi belajar (X2) sedangkan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Metode analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif, persentase, uji asumsi klasik dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan signifikansi 0,05, ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan signifikansi 0,05 dan ada pengaruh interaksi antara perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersamaan terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada signifikansi 0,05.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua; Prestasi Belajar; Motivasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Parents Attention; Learning Achievement; Learning Motivation; Islamic Religious Education
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Sep 2013 09:37
Last Modified: 18 Sep 2013 09:37
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item