Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan di Penginapan Mega Syari’ah Semarang

Ulfa, Maria (2012) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan di Penginapan Mega Syari’ah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
082411040_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411040_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411040_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411040_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411040_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411040_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
082411040_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa Penginapan seperti pemilik penginapan-penginapan yang ada di Semarang. Penginapan Mega Syari’ah adalah salah satu penginapan yang ada di Semarang saat ini. Penginapan Mega syari’ah harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan di Penginapan Mega Syari’ah Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dimana terdapat tiga variabel yaitu kualitas pelayanan (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) sebagai variabel bebas (independent) dan Loyalitas Pelanggan (Y) sebagai variabel terikat (dependent). Dengan menggunakan sumber data di antaranya data primer, sekunder, populasi dan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, menyebar angket (kuesioner) kepada sejumlah responden dan dokumentasi data atau variabel yang berupa catatan-catatan, buku, dan sebagainya. Serta menggunakan alat ukur berupa validitas dan reabilitas untuk melihat kevalidan hasil penelitian dan reliabel dalam cronbach alpha. Selanjutnya menggunakan metode analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat secara parsial dan simultan, yaitu variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan di penginapan Mega Syari’ah Semarang. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,301 X1 + 0,236 X2 + 0,529 X3 Selain itu juga menggunakan uji hipotesis berupa uji T yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana variabel-variabel bebas yang digunakan, secara parsial mampu menjelaskan variabel terikat. Uji simulasi (uji F) digunakan untuk mengetahui sejauh mana variabel-variabel bebas yang digunakan, secara simultan mampu menjelaskan variabel terikat. Dan koefisien determinasi untuk mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel dependen. Dari hasil penelitian tersebut, dilihat secara parsial dengan uji T bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Penginapan Mega Syari’ah Semarang dengan nilai t hitung sebesar 3,259, sedangkan variabel harga berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung sebesar 2,726 dan variabel lokasi berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung sebesar 5,674. Selanjutnya dalam uji pengaruh secara simultan dengan uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung sebesar 36,366. Dan secara koefisien determinan menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh perubahan variabel bebas kualitas pelayanan, harga dan lokasi sebesar 70,3%. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan dapat bermanfaat kepada semua pihak terutama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Harga; Lokasi; Loyalitas Pelanggan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:55
Last Modified: 09 Dec 2013 07:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item