Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Hukum Bacaan Nȗn Sukȗn atau Tanwȋn dan Mȋm Sukȗn bagi Peserta Didik Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 23 Semarang Tahun 2011/2012

Naziliyah, Harfiana (2012) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Pokok Hukum Bacaan Nȗn Sukȗn atau Tanwȋn dan Mȋm Sukȗn bagi Peserta Didik Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 23 Semarang Tahun 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083111148_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111148_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111148_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111148_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111148_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111148_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083111148_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (33kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok hukum bacaan nȗn sukȗn atau tanwȋn dan mȋm sukȗn. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang belum bisa membaca dan menulis al-Qur’an. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok hukum bacaan nȗn sukȗn atau tanwȋn dan mȋm sukȗn bagi peserta didik kelas VII semester genap di SMP Negeri 23 Semarang tahun 2011/2012. (2) Apa sajakah problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok hukum bacaan nȗn sukȗn atau tanwȋn dan mȋm sukȗn bagi peserta didik kelas VII semester genap di SMP Negeri 23 Semarang tahun 2011/2012. Fokus penelitian ini mengenai hal-hal yang berkaitan dengan problematika kemampuan peserta didik dalam memahami materi yaitu tentang Pendidikan Agama Islam khususnya al-Qur’an materi pokok hukum bacaan nȗn sukȗn atau tanwȋn dan mȋm sukȗn bagi peserta didik kelas VII semester genap di SMP Negeri 23 Semarang tahun 2011/2012. Sesuai dengan rumusan masalah, maka penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat induktif karena sebelum melakukan penelitian, peneliti berangkat ke lapangan untuk mengumpulkan berbagai bukti melalui penelaahan terhadap fenomena, dan berdasarkan hasil penelaahan itu peneliti merumuskan teori dan fokus penelitian. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya al-Qur’an di kelas VII semester genap berjalan dengan baik, misalnya dalam pembelajaran peserta didik berani maju ke depan kelas untuk saling tebak menebak materi hukum bacaan nȗn sukȗn atau tanwȋn dan mȋm sukȗn dengan menggunakan media yang berupa kartu atau kertas. (2) Problematika pembelajaran al-Qur’an peserta didik di kelas VII semester genap belum bisa membaca al-Quran dengan lancar dan baik sesuai dengan tajwid, yaitu: peserta didik belum fasih dalam mengucapkan huruf hijaiyyah, peserta didik belum bisa membedakan macam-macam dan contoh hukum bacaan nȗn sukȗn atau tanwȋn dan mȋm sukȗn, dan peserta didik masih ada yang terbata-bata dalam membaca al-Qur’an.. Peneliti berharap ada peneliti lanjutan sebagai respon positif dalam upaya pemecahan problem dalam pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya al-Qur’an di SMP Negeri 23 Semarang tahun 2011/2012 sebagai objek penelitiannya. Sehingga nantinya dapat dijadikan pertimbangan terhadap kebijakan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Hukum Bacaan Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:06
Last Modified: 09 Dec 2013 07:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item View Item