Problematika pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati (studi kasus pada siswa kelas 5 dan 6 di SDN 1 Montongsari Weleri Kendal tahun ajaran 2016/2017)

Himmawan, Faizal (2017) Problematika pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Qiro’ati (studi kasus pada siswa kelas 5 dan 6 di SDN 1 Montongsari Weleri Kendal tahun ajaran 2016/2017). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui apa kesulitan yang di alami peserta didik SDN 1 Montongsari dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Qiro’ati. (2) Untuk mengetahui bagaimana guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Qiro’ati pada peserta didik SDN 1 Montongsari.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di SDN 1 Montongsari Weleri. Oleh karena itu, teknik pengambilan data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran membaca al-Qur’an dengan Metode Qiro’ati di SDN 1 Montongsari, problem/masalah yang dihadapi meliputi: (a) Problematika yang berhubungan dengan tingkat perkembangan dan pengetahuan peserta didik. (b) Problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi. (c) Problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar. (d) Problematika yang berhubungan dengan evaluasi.
Sedangkan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi problematika di atas (2) (a) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan tingkat perkembangan dan pengetahuan peserta didik adalah dengan cara menggunakan metode mengajar yang tepat dan disesuaikan dengan gaya belajar (learning style) masing-masing peserta didik. (b) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi adalah dengan mencari bahan bandingan. (c) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar adalah dengan mengemas materi pelajaran tambahan secara sistematis dan menentukan pengajaran yang berbeda untuk setiap pokok bahasan yang berbeda. (d) Solusi atas problematika yang berhubungan dengan evaluasi adalah dengan mengadakan pre test, post test setelah selesai pembelajaran dan pemberian tugas-tugas terstruktur.
Adapun saran yang peneliti berikan adalah bagi pendidik hendaknya meneliti kembali buku yang akan dipakai sebagai sumber belajar dan tidak hanya memakai satu buku sebagai bahan rujukan untuk menambah wawasan keilmuan pendidik. Sedangkan bagi peserta didik hendaknya memanfaatkan teknologi secara bijak sebagai media pendidikan sehingga proses belajar tidak membosankan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru, kepala SDN 1 Montongsari dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah UIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abdul Wahib, M. Ag.; H. Ahmad Muthohar, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode membaca Al-Qur'an; Qiro'ati
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:34
Last Modified: 27 Oct 2017 01:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7425

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics