Pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah terhadap hasil belajar di kelas IV MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang tahun pelajaran 2016/2017

Santoso, Agus (2017) Pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah terhadap hasil belajar di kelas IV MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf - Accepted Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya fenomena yng terjadi di era modern ini. Kini banyak guru yang menghukum anak didik dengan seenaknya dan melupakan tangung jawab untuk selalu mendampingi perkembangan anak-anak yang ada disekolah dikarenakan sifat siswa yang kurang sopan terhadap guru. Sehingga peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana persepsis siswa mengenai lingkungan pendidikan yang ada di sekolah? dan Apakah ada Pengaruh antara Persepsi Siswa Tentang Lingkungan Pendidikan di Sekolahterhadap Hasil Belajar di Kelas IV MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang Tahun Pelajaran 2016/2017 . Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan dokumentasi. Angket / koesioner digunakan untuk memperoleh data tentang persepsis siswa mengenai lingkungan pendidikan yang ada di sekolah, dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tentang hasil hasil siswa kelas IV semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah terhadap hasil belajar di kelas IV MIN Kalibalik tahun Pelajaran 2016/2017, memiliki dua variabel 1.variabel X (persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah) nilai mean sebesar 58,42. 2.variabel Y (hasil presasi belajar di kelas IV MIN Kalibalik tahun pelajaran 2016/2017) nilai mean dari hasil belajar adalah 75,58. untuk mengetahui signifikansi pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN Kalibalik adalah dengan membandingkan harga F_reg dengan F_tabel taraf 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dapat diketahui bahwa persamaan garis regresinya adalah Y ̂ = 57,325 + 0,312X, sedangkan menguji signifikansi dari persamaan regresi tersebut digunakan analisis varian untuk regresi yaitu Harga F_reg diperoleh sebesar 8,4261 kemudian dikonsultasikan dengan harga F_tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 4,26 karena F_reg=8,4261˃ F_tabel=4,26 maka signifikan. Hasil tersebut menunjukkan berarti terdapat pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIN Kalibalik Banyuputih Batang. Hasil perhitungan koefisien deterinasi diperoleh nilai KD 25,99 %. Ini berarti pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah terhadap hasil belajar dikelas IV MIN Kalibalik tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 25,99 % . Sisanya sebesar 74,01% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Berdasarkan perhitungan diatas antara pengaruh persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah terhadap hasil belajar dikelas IV MIN Kalibalik tahun pelajaran 2016/2017, dapat dilihat bahwa persepsi siswa tentang lingkungan pendidikan di sekolah memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dikelas IV MIN Kalibalik tahun pelajaran 2016/2017 yaitu 25,99%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorUbaidillah, UbaidillahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan sekolah; Pendidikan dasar; Hasil belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing : Ubaidillah, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Oct 2017 03:54
Last Modified: 28 Oct 2017 03:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7462

Actions (login required)

View Item View Item