Penerapan pendekatan scientific pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 7 Purwodadi

Aini, Lisa Dwi Nurul (2017) Penerapan pendekatan scientific pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti semester genap tahun pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 7 Purwodadi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menyelidiki tentang Penerapan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMP Negeri 7 Purwodadi. Permasalahan yang diteliti adalah : (1) Bagaimana Penerapan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? (2) Apa faktor pendukung Penerapan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? (3) Apa saja kendala Penerapan Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah Guru PAI & Budi Pekerti kelas VII, siswa kelas VII, dan kepala SMP N 7 Purwodadi. Objek dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran yang merupakan bentuk dari Penerapan Pendekatan Scientific. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Penerapan Pendekatan Scientific meliputi: Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Bahwa RPP yang disusun oleh guru telah sesuai lampiran Permendikbud nomor 103 tahun 2014. Pembelajarannya terdiri dari tiga bagian utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pelaksanaan Pembelajaran. Bahwa pada tahap pelaksanaan pembelajaran sudah baik dan sebagian besar guru telah melaksanakan sesuai dengan RPP yang di buat, tetapi pembelajaran yang dilakukan guru kurang variatif. Evaluasi Pembelajaran pada tahap Evaluasi dilakukan setelah siswa menampilkan hasil karya kelompoknya. Faktor Pendukung Penerapan Pendekatan Scientific yaitu berupa fasilitas yang diberikan sekolah, sumber belajar dan ruang kelas yang luas. Kendala Penerapan Pendekatan Scientific yaitu kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan pendekatan scientific, pada saat kegiatan menanya tidak semua siswa berani untuk bertanya dan berpendapat, pada kegiatan menalar siswa masih kurang aktif untuk bekerja sama dengan kelompoknya dan waktu pembelajaran yang singkat menjadikan proses belajar mengajar kurang efektif dan efisien.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHadjar, IbnuUNSPECIFIED
Thesis advisorLutfiyah, LutfiyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Scientific; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Budi Pekerti
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:28
Last Modified: 13 Apr 2018 08:28
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7593

Actions (login required)

View Item View Item