Studi analisis pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode Al Amar pada anak usia dini di TPQ Al Amar Gempol Bapang Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal

Rahmah, Dina (2017) Studi analisis pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode Al Amar pada anak usia dini di TPQ Al Amar Gempol Bapang Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133111112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode Al Amar pada anak usia dini di TPQ Al Amar Gempol Bapang kecamatan Brangsong kabupaten Kendal yang merupakan suatu lembaga penyelenggara pendidikan non formal yang bernuansa Islami, sehingga menarik perhatian penulis dalam meneliti proses pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode lokal. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ Amar Gempol Bapang kecamatan Brangsong kabupaten Kendal? (2) Bagaimana kemampuan anak usia dini di TPQ Amar Gempol Bapang kecamatan Brangsong kabupaten Kendal dalam membaca al-Qur’an? (3) Problem apa saja yang timbul serta solusinya dalam pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode Al Amar pada anak usia dini di TPQ Amar Gempol Bapang kecamatan Brangsong kabupaten Kendal? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, untuk mengetahui proses pembelajaran membaca al-Qur’an pada anak usia dini di TPQ Al Amar Gempol Bapang kecamatan Brangsong kabupaten Kendal, kedua, untuk mengetahui kemampuan siswa TPQ Al Amar Gempol Bapang kecamatan Brangsong kabupaten Kendal dalam membaca al-Qur’an, ketiga, untuk mengetahui problem menjadi penghambat serta solusi dalam pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunakan metode Al Amar pada anak usia dini di TPQ Al Amar Gempol Bapang kecamatan Brangsong kabupaten Kendal serta solusinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian, analisis dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Sedangkan teknik uji keabsahan data yang digunakan yaitu peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi teknik. Dari penelitian diperoleh sebuah kesimpulan bahwa proses pembelajaran membaca al-Qur’an pada anak usia dini menggunakan metode Al Amar yang dipadukan dengan metode-metode lain seperti metode ceramah, demonstrasi, permainan, metode drill dan pembiasaan telah berlangsung dengan baik meskipun belum maksimal. Pembelajaran juga sudah sesuai dengan usia perkembangan anak. Kemampuan anak didik pada awal pembelajaran sama dengan sekolah yang lain yaitu sebagian besar masih awam terhadap huruf hijaiyyah. Kendala yang dihadapi selain terbatasnya jumlah lokal yaitu mengenai usia perkembangan anak. Akan tetapi permasalahan tersebut dapat ditangani oleh guru dengan cara menasehati, dan tak henti-hentinya untuk mengulang materi pelajaran. Guru juga selalu bersabar dan teliti dalam membimbing anak demi tercapainya tujuan pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Thesis advisorAsiyah, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran membaca Al-Qur’an; Metode pembelajaran; Anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 24 Apr 2018 03:05
Last Modified: 24 Apr 2018 03:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7613

Actions (login required)

View Item View Item