Hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Puspitaningsih, Puspitaningsih (2017) Hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua dalam pembentukan moral dan kepribadian anak mengenai kecerdasan emosionalnya. Orang tua menjadi guru yang pertama sejak anak lahir. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Adakah hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun pelajaran 2016/2017?” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data persepsi siswa tentang perhatian orang tua (Variabel X) dan kecerdasan emosional (Variabel Y). Data terkumpul dianalisis dengan korelasi Product Moment. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 59 responden. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua dalam kategori sedang yaitu pada interval 73,45 – 84,28 dengan nilai rata-rata 78,81. Sedangkan kecerdasan emosional dalam kategori sedang yaitu pada interval 71,67 – 80,89 dengan nilai rata-rata 76,28. Dari hasil Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy sebesar 0,56 artinya positif dan rxy > rtabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,252 yang artinya signifikan. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorWahib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Perhatian orang tua; Kecerdasan emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:23
Last Modified: 26 Apr 2018 02:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7648

Actions (login required)

View Item View Item