Hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017
Puspitaningsih, Puspitaningsih (2017) Hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133911074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua dalam pembentukan moral dan kepribadian anak mengenai kecerdasan emosionalnya. Orang tua menjadi guru yang pertama sejak anak lahir.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan “Adakah hubungan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa kelas V MI Negeri Sumurrejo Kecamatan
Gunungpati Kota Semarang Tahun pelajaran 2016/2017?” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data persepsi siswa tentang perhatian orang tua (Variabel X) dan kecerdasan emosional (Variabel Y). Data terkumpul dianalisis dengan korelasi Product Moment. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan subyek penelitian sebanyak 59 responden. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua dalam kategori sedang yaitu pada interval 73,45 – 84,28 dengan nilai rata-rata 78,81. Sedangkan kecerdasan emosional dalam kategori sedang yaitu pada interval 71,67 – 80,89 dengan nilai rata-rata 76,28. Dari hasil Dari hasil uji korelasi product moment diketahui bahwa rxy sebesar 0,56 artinya positif dan rxy > rtabel dengan taraf signifikansi 5% = 0,252 yang artinya signifikan. Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dengan kecerdasan emosional siswa MI Negeri Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi siswa; Perhatian orang tua; Kecerdasan emosional |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 02:23 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 02:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7648 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year