Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik di SDN Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang

Chaersae, Miss Saeiroh (2017) Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik di SDN Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1503016167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik di SDN Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang, 2). Faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik di SDN Purwoyoso 01 Ngalian Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Adapun metode analisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif. Temuan dari hasil penelitian adalah: 1). Upaya Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik di SDN Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang melalui pembiasaan, dorongan, serta bimbingan khusus, selain dengan kegiatan belajar mengajar dan pengajian tambahan (ekstrakurikuler) juga harus medapat dukungan dari orang tuanya dalam hal belajar membaca al-Qur’an. Sedangkan upaya guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik di SDN Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang antara lain meliputi beberapa kegiatan diantaranya: a). mengadakan tadarus surat pendek pada awal jam pelajaran, b). mengadakan pengajian tambahan (ekstrakurikuler), dll. 2). Faktor pendukung terhadap guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada peserta didik di SDN Purwoyoso 01 Ngaliyan Semarang, yaitu kebijakan kepala sekolah yang cukup mendukung, Guru PAI yang berlatar belakang khusus pendidikan Islam, motivasi guru yang tinggi, serta sarana dan prasarana yang cukup lengkap, 3). Faktor penghambat kurangnya tenaga pengajar PAI, keterbatasan waktu, serta kurangnya perhatian dari orang tua dalam hal belajar membaca al-Qur’an.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAsiyah, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru PAI; Kemampuan membaca al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:42
Last Modified: 26 Apr 2018 02:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item