Pengembangan aplikasi mobile learning menggunakan Adobe Flash Cs6 sebagai penunjang pembelajaran fisika pada materi hukum Newton untuk siswa SMA/MA kelas X

Syarifudin, Muhamad Khanif (2017) Pengembangan aplikasi mobile learning menggunakan Adobe Flash Cs6 sebagai penunjang pembelajaran fisika pada materi hukum Newton untuk siswa SMA/MA kelas X. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
123611005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang dirasa sukar oleh siswa adalah fisika kerena materi yang padat, banyak menghitung, dan pembelajaran di kelas yang tidak kontekstual atau terkesan abstrak. Hukum Newton tentang gerak salah satu materi fisika yang bersifat abstrak. Keterbatasan waktu pembelajaran di kelas juga menjadi kendala karena mengharuskan siswa untuk mempelajari kembali pelajaran yang sudah didapatkannya. Media penujang sebagai alternatif sumber belajar yang bersifat mobile dirasa perlu dikembangkan sehingga selain bisa membantu memodelkan konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak, juga memberikan fasilitas kepada siswa untuk bisa belajar mandiri kapanpun dan dimanapun. Perkembangan smartphone Android yang begitu pesat menjadi potensi yang besar untuk dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran yang bersifat mobile. Pada penelitian ini dikembangkan suatu aplikasi mobile learning sebagai penunjang pembelajaran fisika pada materi hukum Newton untuk siswa SMA/MA. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan atau research and development. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan instruksional sistem atau ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk aplikasi yang dihasilkan kemudian diujikan kepada 3 kelompok responden sesuai dengan alur penelitian yaitu ahli media, ahli materi, dan guru. Dari hasil pengujian diperoleh nilai persentase kelayakan aplikasi sebesar 87,50% dari ahli media, 85,30 % dari ahli materi, dan 92,02 % dari guru fisika. Berdasarkan hasil tersebut maka aplikasi ini layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran fisika pada materi hukum Newton

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKhalif, Muhammad ArdhiUNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Yuniarti, WentyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning; Hukum Newton; Adobe Flash; Media pembelajaran; Pembelajaran fisika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:15
Last Modified: 25 May 2018 08:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7832

Actions (login required)

View Item View Item