Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis game win redoks pada materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi untuk peserta didik kelas X MAN 2 Semarang

Safitriyani, Siti (2017) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis game win redoks pada materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi untuk peserta didik kelas X MAN 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
10. LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh adanya pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap pendidikan serta kebutuhan peserta didik. Di era modern telah banyak dikembangkan game-game edukasi untuk pembelajaran. Game pembelajaran dikembangkan pada materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi sehingga peserta didik dapat belajar sambil bermain. Penelitian ini bertujuan (1) membuat dan mengembangkan media pembelajaran berbasis game win redoks pada materi pokok “konsep reaksi reduksi dan oksidasi” untuk peserta didik kelas X MAN 2 Semarang”, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia pada materi pokok “konsep reaksi reduksi dan oksidasi” untuk peserta didik kelas X MAN 2 Semarang”. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R n D), dengan model Sugiyono yang meliputi potensi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk revisi produk, produk. Media pembelajaran berbasis game interaktif yang diberi nama game win redoks ini berisi tentang materi konsep reaksi reduksi dan oksidasi. Game tersebut diaplikasikan dalam bentuk aplikasi android. Uji kelayakan game win redoks didasarkan pada hasil belajar dan pemahaman peserta didik Kelas X MAN 2 Semarang yang telah membantu dalam penggunaan game win redoks dan memberikan tanggapan terhadap game tersebut. Hasil belajar kognitif peserta didik termasuk dalam kategori sedang dengan peningkatan hasil belajar (N-gain) 0,67. Hasil belajar aspek afektif sebanyak 82,33% termasuk kategori sangat baik, sedangkan hasil tanggapan peserta didik sebanyak 77,40% termasuk kategori baik, sehingga game interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorNirwana, Ratih RizqiUNSPECIFIED
Thesis advisorPutri, Anissa AdiwenaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Pembelajaran kimia; Game interaktif; Reaksi reduksi dan oksidasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 28 May 2018 07:05
Last Modified: 28 May 2018 07:05
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7843

Actions (login required)

View Item View Item