Pengembangan bahan ajar berupa LKS dengan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII semester genap di MTS Negeri Kendal

Hafshoh, Siti (2017) Pengembangan bahan ajar berupa LKS dengan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII semester genap di MTS Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
L. Skripsi Lengkap Siti Hafshoh (133811036).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering tampka dalam dunia pendidikan adalah bahwa dalam proses pembelajaran yang berperan aktif adalah guru karena guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Selain itu salah satu karakteristik pembelajaran IPA yaitu mengupayakan pembelajaran dengan mengenali kehidupan nyata dilingkungan, oleh karena itu kegiatan lapangan, eksperimen dan kegiatan diskusi penting dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dan member pengalaman langsung kepada siswa adalah dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkunganya. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan (4-D). Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Desain uji coba pemakaian menggunakan uji coba kelas kecil dan uji lapangan kelas besar yang dilakukan di MTs Negeri Kendal. Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan berupa data kelayakan LKS dari validator yaitu 2 dosen ahli dan Guru, data hasil belajar siswa, data aktifitas siswa, dan data tanggapan siswa. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dari validator ahli 1 adalah 90 %, validator ahli 2 85 % dan dari Guru 83 %. LKS mendapat tanggapan sangat dapat diterapkan dari siswa dengan persentase 71.3 % pada uji coba skala kecil. Dalam uji coba skala besar hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 76 %, keaktifan siswa sebesar 90.9 % dan tanggapan siswa sebesar 94.6 %. Berdasarkan penelitian, pengembangan bahan ajar LKS berbasis inkuiri terbimbing layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya untuk kelas VII.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Thesis advisorHidayatullah, Ahmad FauzanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); Bahan ajar; Inkuiri Terbimbing; Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:39
Last Modified: 06 Jun 2018 08:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7847

Actions (login required)

View Item View Item