Pengembangan bahan ajar berupa LKS dengan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII semester genap di MTS Negeri Kendal

Hafshoh, Siti (2017) Pengembangan bahan ajar berupa LKS dengan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada pembelajaran IPA materi interaksi makhluk hidup dan lingkungannya kelas VII semester genap di MTS Negeri Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of L. Skripsi Lengkap Siti Hafshoh (133811036).pdf]
Preview
Text
L. Skripsi Lengkap Siti Hafshoh (133811036).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering tampka dalam dunia pendidikan adalah
bahwa dalam proses pembelajaran yang berperan aktif adalah guru
karena guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Selain itu
salah satu karakteristik pembelajaran IPA yaitu mengupayakan
pembelajaran dengan mengenali kehidupan nyata dilingkungan, oleh
karena itu kegiatan lapangan, eksperimen dan kegiatan diskusi penting
dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk
mengaktifkan siswa dan member pengalaman langsung kepada siswa
adalah dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKS berbasis inkuiri
terbimbing pada materi interaksi makhluk hidup dan lingkunganya.
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) yang
dikemukakan oleh Thiagarajan (4-D). Model ini terdiri dari 4 tahap
pengembangan, yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan),
Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Desain uji coba
pemakaian menggunakan uji coba kelas kecil dan uji lapangan kelas
besar yang dilakukan di MTs Negeri Kendal. Dalam penelitian ini data
yang dikumpulkan berupa data kelayakan LKS dari validator yaitu 2
dosen ahli dan Guru, data hasil belajar siswa, data aktifitas siswa, dan
data tanggapan siswa. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara
kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
persentase kelayakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dari validator ahli
1 adalah 90 %, validator ahli 2 85 % dan dari Guru 83 %. LKS mendapat
tanggapan sangat dapat diterapkan dari siswa dengan persentase 71.3 %
pada uji coba skala kecil. Dalam uji coba skala besar hasil belajar
mencapai ketuntasan klasikal 76 %, keaktifan siswa sebesar 90.9 % dan
tanggapan siswa sebesar 94.6 %. Berdasarkan penelitian,
pengembangan bahan ajar LKS berbasis inkuiri terbimbing layak
digunakan dalam pembelajaran IPA materi Interaksi Makhluk Hidup dan
Lingkungannya untuk kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); Bahan ajar; Inkuiri Terbimbing; Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:39
Last Modified: 13 Jul 2021 04:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7847

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics