Pengembangan modul biologi bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia kelas XI semester genap di MA Darul Falah Sirahan Pati

Hasanah, Ana Maulidatul (2017) Pengembangan modul biologi bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia kelas XI semester genap di MA Darul Falah Sirahan Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
7. Skripsi Lengkap Ana Maulidatul Hasanah (133811051).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya modul Biologi kelas XI MA/SMA bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia yang berada di sekolah. Sesuai dengan misi UIN Walisongo yaitu menyelenggarakan pendidikan IPTEK berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan profesional dan berakhlak al-karimah, maka peneliti melakukan penelitian berupa Pengembangan Modul Biologi Bernilai Islam Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Kelas XI Semester Genap di MA Darul Falah Sirahan Pati. Pengembangan ini bertujuan: mengetahui kelayakan modul Biologi bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia kelas XI semester genap di MA Darul Falah Sirahan Pati. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Thiagarajan (4D). Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa tes (pre-test dan post-test), lembar angket check list serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media, guru Biologi dan tanggapan peserta didik, kemudian mengubah hasil penilaian tersebut dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif (huruf ke skor dan persentase), sedangkan hasil tes berupa data kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar biologi ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini didasarkan pada persentase rata-rata penilaian dari ahli materi 81.9%, untuk ahli media 83.3% dan guru biologi 82%. Tingkat kognitif peserta didik mempunyai kriteria sangat tinggi, dengan tingkat ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen mencapai 93% sedangkan pada kelas control hanya 13%. Adapun hasil untuk vi presentase tanggapan peserta didik pada kelas kecil adalah 78% dengan kriteria layak, dan tanggapan peserta didik pada kelas besar sebesar 80,64% dengan kriteria layak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Thesis advisorSetyowati, MukhlishohUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Biologi; Sistem reproduksi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 06 Jun 2018 08:43
Last Modified: 06 Jun 2018 08:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7849

Actions (login required)

View Item View Item