Pengembangan modul biologi bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia kelas XI semester genap di MA Darul Falah Sirahan Pati
Hasanah, Ana Maulidatul (2017) Pengembangan modul biologi bernilai Islam materi sistem reproduksi pada manusia kelas XI semester genap di MA Darul Falah Sirahan Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
7. Skripsi Lengkap Ana Maulidatul Hasanah (133811051).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (19MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya modul
Biologi kelas XI MA/SMA bernilai Islam materi sistem reproduksi
pada manusia yang berada di sekolah. Sesuai dengan misi UIN
Walisongo yaitu menyelenggarakan pendidikan IPTEK berbasis
kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan
profesional dan berakhlak al-karimah, maka peneliti melakukan
penelitian berupa Pengembangan Modul Biologi Bernilai Islam
Materi Sistem Reproduksi pada Manusia Kelas XI Semester Genap
di MA Darul Falah Sirahan Pati. Pengembangan ini bertujuan:
mengetahui kelayakan modul Biologi bernilai Islam materi sistem
reproduksi pada manusia kelas XI semester genap di MA Darul
Falah Sirahan Pati. Prosedur penelitian pengembangan ini
menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Thiagarajan (4D).
Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define
(pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan),
dan Disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa
tes (pre-test dan post-test), lembar angket check list serta
dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan
mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi, ahli media, guru
Biologi dan tanggapan peserta didik, kemudian mengubah hasil
penilaian tersebut dari bentuk data kualitatif ke data kuantitatif
(huruf ke skor dan persentase), sedangkan hasil tes berupa data
kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa bahan ajar biologi
ini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini
didasarkan pada persentase rata-rata penilaian dari ahli materi
81.9%, untuk ahli media 83.3% dan guru biologi 82%. Tingkat
kognitif peserta didik mempunyai kriteria sangat tinggi, dengan
tingkat ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen mencapai 93%
sedangkan pada kelas control hanya 13%. Adapun hasil untuk
vi
presentase tanggapan peserta didik pada kelas kecil adalah 78%
dengan kriteria layak, dan tanggapan peserta didik pada kelas
besar sebesar 80,64% dengan kriteria layak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul pembelajaran; Biologi; Sistem reproduksi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 574 [Unassigned -- Dahulu Biology-Edisi 20] |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 08:43 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 08:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7849 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year