Analisis soal ujian nasional IPA bidang fisika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom

Lailiyah, Sunatul (2017) Analisis soal ujian nasional IPA bidang fisika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
113611033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menemukan pola pada tingkatan kognitif soal Ujian Nasional IPA Bidang Fisika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana hasil analisis soal Ujian Nasional IPA Bidang Fisika SMP/MTs tahun ajaran 2013/2014 dan 2014/2015 berdasarkan taksonomi Bloom. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan yang datanya diperoleh dari naskah soal ujian nasional IPA bidang fisika SMP/ MTs tahun 2013/2014 dan 2014/2015 dan jurnal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal Ujian Nasional mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bidang Fisika, dapat disimpulkan bahwa tingkat kognitif soal Ujian Nasional tahun 2013/2014 Mengingat (C1) tidak ditemukan, Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4) terdapat pada 4, 7 dan 6 butir soal, Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6) tidak ditemukan. Untuk presentase ranah kognitif pada soal adalah C1 0%, C2 23,53%, C3 41,18%, C4 35,29%, C5 0%, dan C6 0%. Sedangkan tingkat kognitif untuk soal Ujian Nasional 2014/2015 Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4) sebanyak 1, 5, 4 dan 7 butir soal. Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6) tidak ditemukan. Untuk presentase soalnya adalah C1 5,88%, C2 29,41%, C3 23,53%, C4 41,18%, C5 0% dan C6 0%. Tidak adanya Mengevaluasi (C5) dan Mencipta (C6) pada soal Ujian Nasional tahun 2013/2014 dan 2014/2015 dikarenakan pada kemampuan berfikir peserta didik di jenjang pendidikan menengah pertama belum sampai pada soal yang membutuhkan analisis tingkat tinggi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFadlan, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorKhalif, Muhammad ArdhiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ujian nasional; Taksonomi Bloom; Soal ujian; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 07 Jun 2018 05:54
Last Modified: 07 Jun 2018 05:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item View Item