Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan penyangga berorientasi science writing heuristic (SWH)

Hesti Kumala, Linda (2017) Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan penyangga berorientasi science writing heuristic (SWH). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan argumentasi ilmiah sangatlah penting bagi peserta didik, karena dengan kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, logis, mampu memecahkan masalah, dan menciptakan argumen menggunakan logika ilmiah, sehingga argumen mereka dapat diterima oleh orang lain. Pendekatan pembelajaran yang menyediakan format untuk membimbing peserta didik dalam berargumentasi ilmiah adalah menulis laporan hasil penyelidikan menggunakan pendekatan berorientasi SWH (Science Writing Heuristic). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 PATI melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan penyangga berorientasi SWH. Kualitas kemampuan argumentasi ilmiah tersebut diperoleh melalui metode mixed research dengan desain embedded konkuren. Data penelitian diperoleh melalui rubrik penilaian kemampuan argumentasi ilmiah berorientasi SWH dan catatan lapangan. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI IPA-1 MAN 1 PATI mempunyai kemampuan argumentasi ilmiah yang cukup baik dengan persentase rata-rata 63,60 % diantaranya pada aspek menyertakan data hasil penyelidikan dengan persentase rata-rata 71,00 % (cukup); aspek membuat klaim untuk menjawab pertanyaan penyelidikan dengan persentase rata-rata 52,00 % (kurang); aspek menggunakan data hasil penyelidikan untuk melandasi klaim dengan persentase rata-rata 66,00 % (cukup); aspek menuliskan alasan menggunakan sumber internal dan eksternal untuk mendukung klaim dengan persentase rata-rata 67,33 % (cukup); dan aspek mengkaitkan argumen dengan hipotesis dengan persentase rata-rata 61,00 % (cukup). Melalui penelitian ini dapat diketahui bahwa penulisan laporan praktikum dengan format SWH mampu melatih kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFirmansyah, ArizalUNSPECIFIED
Thesis advisorNirwana, Ratih RizqiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Argumentasi ilmiah; Penulisan laporan praktikum; Science Writing Heuristic
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:16
Last Modified: 07 Jun 2018 06:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7861

Actions (login required)

View Item View Item