Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan penyangga berorientasi science writing heuristic (SWH)
Hesti Kumala, Linda (2017) Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan penyangga berorientasi science writing heuristic (SWH). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Kemampuan argumentasi ilmiah sangatlah penting bagi peserta didik,
karena dengan kemampuan berargumentasi ilmiah peserta didik dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kritis, logis, mampu memecahkan
masalah, dan menciptakan argumen menggunakan logika ilmiah,
sehingga argumen mereka dapat diterima oleh orang lain. Pendekatan
pembelajaran yang menyediakan format untuk membimbing peserta
didik dalam berargumentasi ilmiah adalah menulis laporan hasil
penyelidikan menggunakan pendekatan berorientasi SWH (Science
Writing Heuristic). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi
kualitas kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN
1 PATI melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan
penyangga berorientasi SWH. Kualitas kemampuan argumentasi ilmiah
tersebut diperoleh melalui metode mixed research dengan desain
embedded konkuren. Data penelitian diperoleh melalui rubrik penilaian
kemampuan argumentasi ilmiah berorientasi SWH dan catatan
lapangan. Berdasarkan data hasil penelitian yang diperoleh
menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI IPA-1 MAN 1 PATI
mempunyai kemampuan argumentasi ilmiah yang cukup baik dengan
persentase rata-rata 63,60 % diantaranya pada aspek menyertakan data
hasil penyelidikan dengan persentase rata-rata 71,00 % (cukup); aspek
membuat klaim untuk menjawab pertanyaan penyelidikan dengan
persentase rata-rata 52,00 % (kurang); aspek menggunakan data hasil
penyelidikan untuk melandasi klaim dengan persentase rata-rata 66,00
% (cukup); aspek menuliskan alasan menggunakan sumber internal dan
eksternal untuk mendukung klaim dengan persentase rata-rata 67,33 %
(cukup); dan aspek mengkaitkan argumen dengan hipotesis dengan
persentase rata-rata 61,00 % (cukup). Melalui penelitian ini dapat
diketahui bahwa penulisan laporan praktikum dengan format SWH
mampu melatih kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Argumentasi ilmiah; Penulisan laporan praktikum; Science Writing Heuristic |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ihsannudin Ihsannudin |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 06:16 |
Last Modified: | 07 Jun 2018 06:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7861 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year